Friday, July 14, 2017

Perbedaan Samsung Galaxy J7 Pro dan Samsung Galaxy J7 Max

Samsung Galaxy J7 Pro dan J7 Max secara berbarengan diperkenalkan, namun keduanya berjarak satu bulan peluncurannya. J7 Max hadir lebih dahulu di bulan Juni disusul J7 Pro di bulan Juli 2017. Secara sekilas keduanya nampak berbeda dari segi desain dan dimensinya. Galaxy J7 Max dikenal juga dengan sebutan Galaxy On Max.

Kedua varian J7 ini rupanya memang dikhususkan untuk target pasar tertentu. Spesifikasi J7 Pro lebih pada kamera sama dengan J7 Max. Sedangkan pada dapur pacu, J7 Max lebih unggul jika dilihat dari kecepatan prosesor dan RAM yang menjadi pendukung kinerja.


Perbedaan Desain Samsung Galaxy J7 Pro dan Samsung Galaxy J7 Max


J7 Pro memiliki ketebalan yang lebih tipis jika dibandingkan J7 Max. Ketebalan keduanya terpaut 0,2 mm. Sedangkan dimensi panjang serta lebarnya J7 Max tentunya memiliki bodi yang lebih besar karena pengaruh luas layar yang disandangnya.

Dilihat dari sisi depan, desain keduanya tidak sama persis. Tombol Home J7 Pro lebih lebar yang terintegrasi dengan sensor sidik jari. Sensor sidik jari tidak hanya untuk keamanan data tetapi juga untuk melakukan transaksi dengan menggunakan pembayaran melalui Samsung Pay. Sedangkan pada sisi atas layar, lensa kamera depan J7 Pro lebih kecil jika dibandingkan dengan J7 Max.

Beralih ke sisi belakang dimana perbedaan terlihat lebih mencolok. J7 Max memiliki fitur Smart Glow Ring sehingga pada kamera belakang dikelilingi oleh LED. LED Flash J7 Max berada disebelah kanan, sedangkan LED Flash J7 PRo berada persis di bawah lensa kamera.

Perbedaan Layar Samsung Galaxy J7 Pro dan Samsung Galaxy J7 Max


Jika Anda menginginkan layar yang lebar sehingga lebih memuaskan interaksi Anda dengan smartphone, J7 Max tepat untuk Anda pilih. J7 Max memboyong layar 5,7 inci sedangkan J7 Pro hanya 5,5 inci. Kedua layar dianugerahi resolusi yang sama sekelas FHD 1080 x 1920 piksel sehingga memunculkan dilema. Ketika Anda memilih layar yang lebih besar otomatis kerapatan piksel yang dimilikinya menjadi hanya 386 ppi, dimana J7 Pro 401 ppi.

Dilema lainnya pada sektor layar adalah masing-masing menggunakan panel layar yang berbeda. J7 Max menggunakan jenis panel PLS sedangkan J7 Pro mengandalkan panel Super AMOLED. Samsung selama ini lebih sering memakai Super AMOLED. Sayangnya, belum diketahui pelindung layar apa yang dipercaya untuk menjaga keduanya dari goresan.


Perbedaan Kamera Samsung Galaxy J7 Pro dan Samsung Galaxy J7 Max


Kedua smartphone J Series ini dibekali dengan sensor yang menghasilkan resolusi yang sama baik pada kamera depan maupun belakang. Fitur kamera belakang yang dimiliki pun sama yaitu touch focus, face detection, panorama, HDR dengan kemampuan merekam video 1080p@30fps. Demikian juga LED Flash yang masing-masing untuk membantu penerangan kamera depan dan belakang.

Perbedaan antara Samsung Galaxy J7 Pro dan Samsung Galaxy J7 Max yang mencolok pada kamera adalah fitur Smart Glow Ring. Fitur ini hanya ada pada J7 Max. Smart Glow Ring adalah fitur notifikasi yang memungkinkan Anda untuk mengatur warna LED yang mengelilingi kamera sesuai kebutuhan Anda. Anda bisa menggunakannya untuk notifikasi panggilan masuk, panggilan keluar, missed call, low battery, low storage dan lain sebagainya.

Yang menarik dari fitur Smart Glow Ring adalah kemudahan ketika selfie menggunakan kamera belakang. Anda akan dipandu dengan suara notifikasi dan juga cahaya LED berwarna biru ketika wajah Anda terdeteksi oleh kamera. Anda tidak perlu kuatir wajah Anda tidak tertangkap kamera meski selfie menggunakan kamera belakang.


Perbedaan Dapur Pacu Samsung Galaxy J7 Pro dan Samsung Galaxy J7 Max


Spesifikasi pada dapur pacu memiliki perbedaan yang paling besar. Misalnya pemilihan chipset yang digunakan. J7 Max menggunakan chipset besutan MediaTek sedangkan J7 Pro menggunakan Exynos. Persamaanya selain penggunaan GPU Mali-T830 MP2, kedua smartphone ini mengandalkan prosesor berinti depan. Namun sayangnya, J7 Max lebih superior dengan 2,4 GHz sedangkan J7 Pro hanya 1,6 GHz

Kehandalan kinerja untuk bermultitasking salah satunya karena pengaruh kapasitas RAM. J7 Pro menggunakan RAM 3 GB yang lebih kecil dibandingkan J7 Max yaitu 4 GB. Dilema dalam memilih smartphone yang tepat untuk Anda pun muncul karena J7 Max hanya dibekali ruang simpan internal 32 GB sedangkan J7 Pro 64 GB. Namun keduanya memboyong slot eksternal dengan kemampuan mendeteksi microSD hingga 256 GB.

Ulasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J7 Pro dan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J7 Max dapat Anda ikuti pada bagian lain situs ini.

Perbedaan Baterai Samsung Galaxy J7 Pro dan Samsung Galaxy J7 Max


J7 Pro lebih unggul di kapasitas baterai daripada J7 Max. Pada J7 Pro ditanamkan baterai yang tidak dapat dilepas sebesar 3600 mAh. J7 Max mengandalkan baterai Li-Ion dengan kapasitas lebih kecil yaitu 3300 mAh.

Perbedaan Samsung Galaxy J7 Pro dan Samsung Galaxy J7 Max

SAMSUNG
Galaxy J7 Pro
Dimensi
152.4 x 74.7 x 7.9 mm
156.7 x 78.8 x 8.1 mm
Jaringan
Dual nano SIM 
GSM / HSPA / LTE
Dual nano SIM 
GSM / HSPA / LTE
Layar
Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors, 5.5 inches
PLS capacitive touchscreen, 16M colors, 5.7 inches
Kamera Utama13 MP, f/1.7, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR 13 MP, f/1.7, autofocus, LED flash, Smart glow ring, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Kamera Depan13 MP, f/1.9, LED flash 13 MP, f/1.9, LED flash
Prosesor
Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53
Octa-core 2.4 GHz Cortex-A53
RAM3 GB 4 GB
ROM64 GB 32 GB
Eksternal256 GB 256 GB
Baterai3600 mAh 3300 mAh
KonektifitasWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, 4.1, A2DP, LE, A-GPS, GLONASS, microUSB 2.0, USB On-The-Go Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, 4.1, A2DP, LE, A-GPS, GLONASS, microUSB 2.0, USB On-The-Go
WarnaBlack, Gold Black, Gold

Perbedaan Harga Samsung Galaxy J7 Pro dan Samsung Galaxy J7 Max


Samsung Galaxy J7 Pro memiliki kelebihan dan kekurangan yang signifikan jika dibandingkan dengan Galaxy J7 Max. Kedua smartphone ini mengincar konsumen dengan mobilitas tinggi. Trend selfie dan sosial media menjadi persamaan yang mampu diandalkan melalui J7 series ini.

Harga kedua smartphone ini berada pada kelas menengah. J7 Pro dibanderol dengan harga pada kisaran Rp 4.400.000 sedangkan J7 Max diharga lebih rendah yaitu 3.400.000. Perbedaan harga memang terpaut jauh mengingat spesifikasi keduanya terutama pada dapur pacu yang memang banyak berbeda.

Demikian ulasan perbedaan Samsung Galaxy J7 Pro dan Samsung Galaxy J7 Max, semoga bermanfaat untuk referensi Anda sebelum memutuskan pilihan sesuai kebutuhan Anda.