Monday, July 3, 2017

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 4A

Persaingan smartphone kelas bawah makin sengit dengan konektifitas 4G LTE sebagai salah satu daya tarik. Xiaomi Redmi 4A menjadi salah satu yang bermain di level ini. Vendor asal Tiongkok ini cukup banyak peminat sebagai pesaing vendor lokal.

Redmi 4A tidak hanya dijual dengan harga murah yaitu pada kisaran Rp 1.200.000, namun juga memberikan spesifikasi yang tergolong mumpuni. Prosesor dan RAM 2GB dipadukan dengan pengolah grafis Adreno 308 membuat smartphone ini layak masuk dalam daftar pertimbangan.

Sebelum Anda memutuskan smartphone yang tepat sesuai kebutuhan dan anggaran, ada baiknya Anda menyimak ulasan kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 4A berikut ini.

Kelebihan Xiaomi Redmi 4A

Desain Xiaomi Redmi 4A kental terasa mirip dengan produk Xiaomi lainnya. Mengusung konsep unibody dimana baterai tidak dapat dipisahkan tanpa keahlian khusus, Xiaomi Redmi 4A dibalut dengan material berbahan plastik. Mungkin bahan inilah yang membuat Xiaomi Redmi 4A terasa ringan di tangan.

Xiaomi Redmi 4A sudah dilengkapi dengan koneksi 4G LTE. Konektifitas lainnya, Anda juga dapat menggunakan kabel data melalui port microUSB, Wi-Fi Direct dan Bluetooth untuk bertukar data.

Pada bagian depan Xiaomi Redmi 4A, tombol navigasi berada di bawah layar yaitu multitasking, home dan back. Sedangkan pada bagian atas terdapat kamera depan, speaker dan sensor. Untuk bagian belakang, kamera belakang dan LED flash diletakkan di pojok kiri atas.

Pada sisi kanan Xiaomi Redmi 4A, terdapat tombol power dengan tombol volume di atasnya. Sisi kiri diisi dengan baki SIMCard yang menyatu dengan slot kartu memori eksternal. Untuk membuka baki SIMCard, Anda memerlukan ejector khusus yang terdapat pada paket pembelian.

Layar Xiaomi Redmi 4A memiliki dimensi diagonal sepanjang 5 inci. Tampilan layar memiliki resolusi HD (720x1280 piksel) dengan kerapatan mencapai 294 ppi. Gambar terlihat cukup tajam dan pada tingkat kecerahan penuh, tampilan layar masih terlihat jelas di bawah sinar matahari.

Xiaomi menyematkan kamera belakang dengan resolusi 13 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel pada Redmi 4A. Kedua kamera ini sudah menggunakan sensor dengan f/2.2. Hasil pemotretan dalam dan luar ruangan hasilnya bagus.


Xiaomi Redmi 4A dimotori oleh chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 Quad-core 1.4GHz Cortex-A53, smartphone ini dikombinasikan dengan memori RAM 2GB dan ruang penyimpanan internal 16GB. Kinerja grafis dipercayakan kepada Adreno 308.

Kekurangan Xiaomi Redmi 4A

Xiaomi Redmi 4A menggunakan sistem operasi Android Marshmallow menggunakan antar muka khas Xiaomi yaitu MIUI versi 8. Sayangnya antar muka ini miskin fitur. Aplikasi standar bawaan yang biasanya ditemui pada smartphone tidak tersedia. Anda harus menginstal manual aplikasi dari Google.

Xiaomi Redmi 4A menyematkan aplikasi pemutar musik dan pemutar video yang tergolong standar.

Xiaomi Redmi 4A tidak menyertakan earsetpada paket pembelian

Slot untuk SIMCard dan microSD menjadi satu alias bertipe hybrid. Untuk slot kedua, Anda harus memutuskan mengisinya dengan SIMCard atau microSD. Kelebihan Xiaomi Redmi 4A disini adalah slot eksternalnya mendukung kapasitas microSD hingga 256GB.

Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 4A, semoga bermanfaat untuk Anda.