Thursday, July 27, 2017

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 5X

Xiaomi Mi 5X mengusung dual kamera sebagai kamera utama. Sebelumnya telah beredar smartphone dengan dua kamera lain yaitu Oppo R11. Keduanya menawarkan satu lensa regular dan satu lensa telephoto. Namun Xiaomi Mi 5X lebih mempunyai peluang memenangi persaingan karena harganya yang lebih terjangkau.

Xiaomi Mi 5X diperkenalkan pada awal Juli 2017. Rumor yang beredar sebelumnya bahwa Mi 5X akan resmi diluncurkan pada Agustus 2017. Namun nyatanya, perkiraan tersebut meleset karena smartphone kelas menengah ini sudah mulai dijual di akhir Juli 2017 ini.

Persaingan Mi 5X tidak hanya dekat dengan Oppo R11, namun juga dengan saudara sepabrikannya yaitu Mi 5C. Beberapa situs gadget internasional mulai membandingkan spesifikasi antara kedua smartphone Tiongkok ini.

Perbedaan antara Mi 5X dengan 5C mungkin akan membingunkan Anda, terutama penamaannya yang mirip. Secara umum, 5X lebih superior daripada 5C, dimana 5X memiliki prosesor dan RAM yang lebih tinggi. Sektor fotografi pun terlihat perbedaan yang jauh. Dimana 5C hanya menggunakan satu kamera utama.


Spesifikasi Xiaomi Mi 5X

  • Dimensi: 155.4 x 75.8 x 7.3 mm; 165 g
  • Jaringan: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by); GSM / CDMA / HSPA / LTE
  • Layar: LTPS IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 5.5 inches (~70.1% screen-to-body ratio); 1080 x 1920 pixels (~403 ppi pixel density)
  • Kamera Belakang: Dual 12 MP (26mm, f/2.2; 50mm, f/2.6), phase detection autofocus, 2x optical zoom, dual-LED (dual tone) flash; 1.25 µm/ 1.0 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama; 2160p@30fps, 720p@120fps
  • Kamera Depan: 5 MP, 1080p
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: microSD, up to 128 GB (uses SIM 2 slot)
  • OS: Android OS, v7.1.1 (Nougat)
  • Chipset: Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
  • Processor: Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 506
  • RAM: 4 GB
  • Sensor: Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Konektifitas:Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot; Bluetooth v4.2, A2DP, LE; A-GPS, GLONASS, BDS; microUSB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3080 mAh battery
Jika Anda amati spesifikasi Xiaomi Mi 5X diatas juga berbeda jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 4X. Xiaomi Redmi 4X diluncurkan lebih dahulu yaitu pada Mei 2017 yang lalu. Penamaan dengan nomor yang lebih besar mengindikasikan spesifikasi yang lebih superior.

Perbedaan Xiaomi Mi 5X dengan Xiaomi Redmi 4X terpaut jauh. 4X dibekali dengan satu kamera utama, sementara kamera depan memiliki resolusi yang sama yaitu 5 MP. Demikian juga pada sektor dapur pacu dimana 4X hanya menggunakan 2 GB RAM meskipun hadir pula versi 4X dengan RAM 4 GB.

Saudara terdekat lainya dari Mi 5X adalah Xiaomi Mi Max 2 dengan spesifikasi dan harga yang cukup bersaing. Yang paling menarik dari Mi Max 2 adalah kapasitas baterainya yang besar, 5300 mAh. Mi Max 2 juga dipersenjatai dengan prosesor Octa Core dan RAM 4 GB serta layar di atas rata-rata yaitu 6,44 inci.

Desain Xiaomi Mi 5X


Xiaomi Mi 5X didesain dengan sangat apik. Harga boleh kelas menengah namun desain bercita rasa premium. Terdapat tiga tombol kapasitif di bawah layar yaitu, Home, Back, dan Multitasking. Sementara pada bagian atas layar dihuni kamera depan, sensor proximity dan lubang speaker.

Beralih ke sisi belakang dimana keunggulan Xiaomi Mi 5X ditempatkan. Apalagi kalau bukan kamera utama yang memiliki dua lensa. Tidak hanya itu, kamera ini pun didukung dengan dual LED Flash yang ditempatkan di sisi kiri kamera. Bergerak agak kebawah, terlihat sensor sidik jari yang dengan bentuk bulat.

Xiaomi Mi 5X memiliki ketebalan yang tipis yaitu 7,3 mm. Namun sepertinya bentuk kamera utama yang lebih menonjol tidak masuk dalam hitungan ketebalan ini. Menariknya, Xiaomi Mi 5X mengikuti trend saat ini dimana antena dibentuk melengkung di sisi atas dan bawah cover belakang, sehingga lebih mempercantik tampilan.


Layar Xiaomi Mi 5X


Sebagai smartphone kelas menengah, Xiaomi Mi 5X layak masuk dalam daftar pilihan Anda. Layar Xiaomi Mi 5X berkualitas FHD seperti kebanyakan smartphone dengan harga tiga jutaan. Panel yang digunakan pun IPS LCD dengan lapisan antigores Corning Gorilla Glass. Namun sayangnya belum ada kepastian versi berapakah Corning Gorilla Glass yang digunakan.

Layar besar 5,5 inci tentu memberikan pengalaman yang memanjakan. Keleluasaan berinteraksi dengan smartphone tentu lebih baik terlebih tombol kapasitif yang diletakkan tidak menyatu di dalam layar. Kerapatan piksel yang ditampilkan tergolong tinggi yaitu 403 ppi. Antar muka Xiaomi Mi 5X dipercantik dengan MIUI 9 yang memberikan keindahan tanpa mengesampingkan kemudahan pengoperasian.

Kamera Xiaomi Mi 5X


Dual kamera saat ini mulai banyak digarap berbagai vendor smartphone. Salah satu yang telah beredar adalah Oppo R11. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa pesaing utama Xiaomi Mi 5X saat ini adalah Oppo R11.

Xiaomi Mi 5X memiliki lensa regular dan lensa telephoto. Lensa regular memiliki aperture yang lebih baik dari pada lensa telephoto. Bukaan lensa regular sebesar f/2.2 sedangkan telephoto sebesar f/2.6. Aperture kedua lensa ini tergolong biasa jika dibandingkan dengan Oppo R11.


Lensa telephoto mampu melakukan 2X optical zoom. Optical zoom lebih baik jika dibandingkan dnegan digital zoom karena hasil foto memberikan detail yang lebih baik. Optical zoom memperbesar objek selayaknya Anda bergerak mendekati objek.

Kelebihan dari kamera utama Xiaomi Mi 5X adalah adanya LED Flash dual tone. Sudah terbukti di beberapa smartphone dimana teknologi dual flash dengan dual tone mampu menghasilkan foto dengan kecerahan dan saturasi yang mendekati kenyataan.

Dapur pacu Xiaomi Mi 5X


Xiaomi Mi 5X menggunakan chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 yang mendukung fitur fast charging. Sementara prosesor menggunakan delapan inti dengan kecepatan 2 GHz. Pengolahan grafis dipercayakan pada GPU Adreno 506 yang populer digunakan pada smartphone kelas menegah.

Kinerja dapur pacu didukung penuh dengan RAM 4 GB. Penyimpanan internal tersedia ruang sebesar 64 GB yang dapat diperluas melalui slot eksternal hingga 128 GB. Kekurangan Mi 5X pada sektor ini adalah keberadaan slot eksternal yang bertipe hybrid. Anda harus merelakan SIM 2 diganti dengan microSD jika ingin menambah ruang simpan.

Konektifitas Xiaomi Mi 5X


Xiaomi Mi 5X menyediakan dua slot SIM yang dapat digunakan untuk menjangkau jaringan 4G LTE. Anda pun dapat menggunakan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac untuk berselancar menggunakan sinyal WiFi, ataupun juga berbagi internet menggunakan hotspot. Demikian juga Anda dapat menggunakannya untuk berbagi data secara nirkabel layaknya Bluetooth v4.2 yang disematkan pada Mi 5X.

Keunggulan Mi 5X berikutnya teletak pada microUSB v2.0 yang sudah menggunakan tipe C. Port USB jenis ini sudah banyak digunakan smartphone dewasa ini. USB tipe C memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan port versi biasa. USB tipe C mampu mentransfer data lebih cepat, bisa menampilkan gambar 4K dan memungkinkan pengisian daya lebih cepat.


Baterai Xiaomi Mi 5X


Xiaomi Mi 5X dibekali dengan baterai berkapasitas 3080 mAh. Baterai yang digunakan berjenis Li-ion yang tidak dapat dilepas karena Xiaomi Mi 5X menganut konsep unibody. Baterai dapat diisi daya dengan cepat berkat fitur fast charging.

Kelebihan Xiaomi Mi 5X

  • Desain menarik dan berkelas premium. Xiaomi Mi 5X memiliki ketebalan hanya 7,3 mm.
  • Layar FHD selebar 5,5 inci. Layar menggunakan pelapis antigores.
  • Kamera utama memiliki dua lensa dan didukung oleh dua LED Flash.
  • Dapur pacu memiliki kinerja yang baik, dengan dukungan prosesor Octa Core dan RAM 4 GB.
  • Baterai dapat diisi daya dengan cepat berkat fitur fast charging.
  • Konektifitas cukup lengkap dimana nilai tambah terdapat pada microUSB yang telah menggunakan tipe C.
  • Keamanan data lebih terjamin karena pada bagian belakang Mi 5X diletakkan sensor pemindai sidik jari.

Kekurangan Xiaomi Mi 5X 

  • Resolusi kamera depan kurang mampu bersaing karena hanya 5 MP.
  • Tidak menyediakan NFC sebagai alternatif pertukaran data.

Harga Xiaomi Mi 5X

Xiaomi Mi 5X dibanderol dengan harga Rp 3.499.000. Dengan dana yang terjangkau Anda mendapatkan smarthpone dengan fitur lengkap dan spesifikasi yang mumpuni. Demikian ulasa mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 5X, semoga bermanfaat untuk Anda.