Friday, July 28, 2017

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 5c

Xiaomi Mi 5c diluncurkan untuk memberikan pilihan akan smartphone harga kelas menengah dengan layar beresolusi Full High Definition. Sepanjang bentang diagonal 5,15 inci, Anda akan mendapatkan kerapatan piksel hingga 428 ppi.

Xiaomi Mi 5c berada setingkat dibawah Xiaomi Mi 5X. Xiaomi Mi 5c diluncurkan pada Maret 2017 dengan mengandalkan chipset besutan Xiaomi yang diberi nama Surge S1. Secara spesifikasi, smartphone ini cocok untuk Anda yang ingin hemat anggaran namun menginginkan kinerja yang baik.


Desain Xiaomi Mi 5c


Xiaomi Mi 5c dibalut dengan material metal sehingga terlihat kokoh. Bagian belakang bodinya juga menampakkan garis antena yang cukup jelas karena memang diperlukan untuk mendukung sinyal. Pada cover belakang dibuatkan tekstur horisontal agar genggaman lebih nyaman.

Xiaomi Mi 5c ini pun juga menyuguhkan kesan yang elegan sebab memakai edge screen atau layar lengkung. Sementara itu, sensor pemindai sidik jarinya disematkan pada tombol home.

Layar Xiaomi Mi 5c


Xiaomi Mi 5c menawarkan pengalaman yang menyamankan bagi mata. Pada bagian visual, smartphone ini mengusung panel IPS LCD capacitive touchscreen seluas 5,1 inci yang dapat menyajikan warna sebanyak 16 M. Layar dari Xiaomi Mi 5c ini mampu menghasilkan resolusi full HD 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan 428 ppi.

Selain mendukung multitouch sehingga lebih responsif, layar Xiaomi Mi 5c juga dilindungi oleh pelapis antigores dari Corning Gorilla Glass 4. Lapisan ini menjaga layar sehingga lebih aman terhadap berbagai goresan dan benturan. Gubahan antarmuka MIUI8 pun semakin membuat tampilan dari spesifikasi Xiaomi Mi 5c menjadi lebih menarik.


Kamera Xiaomi Mi 5c


Meski berada pada segmen kelas menengah dengan harga diatas dua juta rupiah, namun Xiaomi tak lantas mengabaikan lini fotografi. Perangkat ini tetap didesain dengan bekalan kamera yang berkualitas agar dapat memenuhi kebutuhan dokumetasi penggunanya.

Pada bagian belakang Xiaomi Mi 5c ini dihuni kamera utama dengan resolusi 13 MP yang memiliki sensor berukuran 27mm. Kecepatan penentuan fokus tidak perlu Anda ragukan karena telah didukung fitur Phase Detection Autofocus. Untuk membantu pencahayaan, Mi 5c dibekali dengan LED Flash.

Kamera utama tidak hanya mengandalkan autofocus untuk menentukan fokus objek. Anda juga dapat menentukan sendiri fokus objek dengan cara menekan layar. Tekan beberapa saat agar fokus objek terkunci. Menariknya, Anda juga dapat mengandalkan kamera utama untuk merekam video dengan kualitas 1080p@30fps.

Sedangkan, bagian depan Xiaomi Mi 5c membekali diri dengan sensor 5 MP yang tentu sudah cukup mendukung aktivitas swafoto dan juga akses video call. Kekurangan Xiaomi Mi 5c salah satunya terletak pada sektor ini karena sensor 5 MP tidak cukup dapat bersaing karena beberapa samrtphone memiliki kamera depan 8 MP bahkan 13 MP.



Dapur pacu Xiaomi Mi 5c


Seperti sudah disinggung di awal, bahwa Mi 5c menggunakan chipset Xiaomi Surge S1. Chipset ini belum diketahui kemampuannya karena belum populer. Kinerja Mi 5c mendapat dukungan penuh dari prosesor Octa Core dimana 4 inti berkecepatan 2,2 GHz, dan 4 inti lagi berkecepatan 1,4 GHz.

Pengolahan grafis sangat baik mesti mengandalkan GPU dari Mali. Namun jenis GPU yang digunakan sudah diisi dengan 4 core daya kerja, yaitu Mali-T860MP4. Performa tanpa kendala tidak dipungkiri juga berasal dari RAM 3GB yang terpasang di dalam dapur pacu.

Penyimpanan internal cukup luas 64 GB. Kekurangan Xiaomi Mi 5c sangat terasa karena absennya slot eksternal untuk menambah ruang simpan.

Konektifitas Xiaomi Mi 5c


Sektor konektivitas dari Xiaomi Mi 5c ini pun sudah didukung dengan teknologi jaringan terbaru saat ini, yaitu 4G LTE. Anda dapat mengaksesnya melalui kedua SIM Card yang dapat Anda jumpai pada sisi kiri Mi 5c. Melalui jaringan ini, Anda bisa memacu download data hingga 150 Mbps dan upload data 50 Mbps

Xiaomi Mi 5c ini juga menghadirkan fitur-fitur konektivitas jarak dekat seperti WiFi 802.11, dual-band, dan hostpot. Sedangkan untuk pertukaran data antar perangkat, Anda bisa menggunakan, WiFi Direct, Bluetooth v4.2, A2DP, LE, dan USB Type-C 1.0 reversible connector. Selain itu, teknologi A-GPS, GLONASS, dan BDS juga turut disematkan pada spesifikasi Xiaomi Mi 5c untuk navigasi dengan akurasi yang tinggi.


Baterai Xiaomi Mi 5c


Xiaomi Mi 5c hadir dengan kapasitas baterai sebesar 2860 mAh. Baterai yang digunakan berjenis Li-Ion yang tidak dapat dilepas. Pengisian daya dapat dilakukan dengan cepat karena telah didukung dengan fitur Fast Charging

Spesifikasi Xiaomi Mi 5c

  • Dimensi: 144.4 x 69.7 x 7.1 mm; 135 g
  • Jaringan: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by); GSM / CDMA / HSPA / LTE
  • Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 5.15 inches (~72.6% screen-to-body ratio); 1080 x 1920 pixels (~428 ppi pixel density)
  • Kamera Belakang: 12 MP, f/2.2, 27mm, phase detection autofocus, LED flash; Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama; 1080p@30fps
  • Kamera Depan: 8 MP, f/2.2, 27mm, 1080p
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: tidak ada
  • OS: Android OS, v7.1 (Nougat)
  • Chipset: Xiaomi Surge S1
  • Processor: Octa-core (4x2.2 GHz Cortex-A53 & 4x1.4 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-T860MP4
  • RAM: 3 GB
  • Sensor: Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Konektifitas:Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot; Bluetooth v4.2, A2DP, LE; A-GPS, GLONASS, BDS; microUSB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 2860 mAh battery 


 Kelebihan Xiaomi Mi 5c

  • Dual SIM yang dapat menjangkau jaringan 4G
  • Desain memiliki ketebalan yang tipis, 7,1 mm
  • Layar 5,15 inci beresolusi FHD, yang membuatnya memiliki kerapatan piksel yang besar 428 ppi
  • Kamera belakang 12 MP dengan bukaan f/2.2.
  • Kamera depan 8 MP yang mampu merekam video 1080p
  • Prosesor Octa Core dengan kecepatan yang besar 2,2 GHz. Kinerja dibantu oleh RAM 3 GB.
  • Terdapat sensor sidik jari untuk menjaga privasi dan keamanan data.
  • Android seri terbaru, Nougat.
  • Baterai lumayan besar 2860 mAh

Kekurangan Xiaomi Mi 5c

  • Kamera depan tanpa LED Flash
  • Kamera utama hanya mampu merekam video 1080@30fps. Beberapa pesaing menawarkan perekaman video 4K
  • Tidak menyediakan slot eksternal untuk menambah ruang simpan. 

Harga Xiaomi Mi 5c


Xiaomi Mi 5c menawarkan layar dengan tampilan gambar yang istimewa. Kinerja Xiaomi Mi 5c pun tidak bisa dianggap biasa saja. Harga Xiaomi Mi 5c dijual pada kisaran Rp 2.400.000.

Pesaing Xiaomi Mi 5c


Mi 5c bersaing ketat dengan Lenovo K6 Power. K6 Power menawarkan layar dengan resolusi yang sama, chipset dan pengolah grafis lebih unggul serta kapasitas baterai yang jauh lebih besar. Namun sayangnya, RAM dan memori internal K6 Power lebih kecil. Untuk Anda yang merasa ketiadaan slot eksternal sangat mengganggu, Anda dapat mempertimbangkan K6 Power sebagai alternatif pilihan.

Demikian ulasa mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 5c, semoga bermanfaat untuk Anda.