Wednesday, July 26, 2017

Kelebihan dan Kekurangan Oppo R11

Oppo R11 merupakan smartphone pertama yang menggunakan chipset Snapdragon 660 besutan Qualcomm. Chipset ini diklaim memiliki kemampuan olah digital yang baik terutama untuk menghasilkan foto pada kondisi kurang cahaya. Dengan chipset ini Oppo R11 menjadi camera phone yang masuk pada harga kelas menengah.

Oppo R11 bukanlah smartphone flagship. Jadi ekspektasi akan fitur dan spesifikasi kelas premium harus Anda redam. Namun Oppo yang merupakan vendor Tiongkok ini, tidak dapat dipandang sebelah mata dalam setiap keluaran produknya. Oppo menjadi trend setter smartphone dengan kemampuan kamera yang mumpuni.


Untuk Anda yang hobi fotografi dan harus tampil sempurna di media sosial, Oppo R11 bisa menjadi partner yang Anda andalkan. Oppo R11 dibekali dengan dua kamera pada sisi belakang. Tidak hanya itu, kamera ini memiliki sudut pandang yang luas untuk dapat menangkap lebih banyak objek.

Spesifikasi Oppo R11

  • Dimensi: tebal 6,8 mm
  • Jaringan: Dual SIM (Nano-SIM); GSM / CDMA / HSPA / LTE
  • Layar: Capacitive touchscreen, 16M colors; 5.5 inches, 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density); Corning Gorilla Glass 5
  • Kamera Belakang: Dual 16 Megapixel, phase detection autofocus, OIS, LED flash, 2160p@30fps, 1080p@30fps
  • Kamera Depan: 20 Megapixel
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)
  • OS: Android OS, v7.1.1 (Nougat)
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 660
  • Processor: Octa-core 2.2 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 510
  • RAM: 4 GB
  • Sensor: Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Konektifitas:Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot; Bluetooth 4.2, A2DP, LE; A-GPS; microUSB 2.0
  • Baterai: Non-removable Li-Po 3000 mAh battery

Desain Oppo R11


Oppo R11 didesain khusus sehingga tampil tidak seperti desain Oppo sebelumnya maupun smartphone vendor lain. Kekhasan desain Oppo R11 terlihat pada sisi belakang. Pada sisi atas dan bawahnya terdapat masing-masing dua guratan antena yang dikerjakan dengan tungsten blade.

Bodi Oppo R11 terbungkus oleh material metal yang dilapisi bahan matte. Bahan ini terbukti ampuh untuk menyamankan tangan ketika menggenggam mesti berkeringat.

Oppo terkenal dengan desain yang berkelas premium. Salah satunya karena selalu memperhatikan ketebalan perangkat Androidnya. Oppo R11 hanya memiliki ketebalan 6,8 mm. Anda bisa bandingkan dengan smartphone kelas menengah lainnya yang berketebelan rata-rata diatas 7 mm.


Layar Oppo R11


Oppo R11 menggunakan panel AMOLED yang biasa dijadikan andalan oleh Samsung. Layar selebar 5,5 inci ini kerapatan piksel cukup tinggi 401 ppi. 

Menariknya layar Oppo R11 memiliki tingkat kecerahan yang tinggi. Tingkat kecerahan layar diukur dengan satuan nits, dimana Oppo R11 memiliki kecerahan sebesar 410 nits. Skor kecerahan layar Oppo R11 melebihi layar Oppo F1 Plus.

Layar Oppo R11 dibungkus dengan lapisan antigores Corning Gorill Glass 5 yang sekaligus membantu mengurangi pantulan cahaya. Menurut gsmarena.com, ketika dioperasikan di bawah sinar matahari layar Oppo R11 masih mampu terlihat dengan baik.


Kamera Oppo R11, dual kamera dengan lensa telephoto


Kamera utama Oppo R11 dibekali dengan dua lensa, yaitu lensa regular dan lensa telephoto. Lensa regular menggunakan sensor IMX398 sebesar 16MP dengan aperture f/1.7. Sedangkan lensa telephoto menggunakan sensor IMX376 sebesar 20MP dengan aperture f/2.6. Keduanya mampu bekerja 2x zoom secara optik dimana proses digital ditangani oleh Qualcomm Spectra ISP.

Kamera dapat Anda atur manual layaknya kamera digital. Tersedia beberapa pilihan diantaranya adalah pengaturan shutter speed dari 1 detik hingga 16 detik. Penentuan fokus juga dapat Anda atur sesuka hati dengan menyentuh objek pada layar. Pengaturan besar kecilnya ISO juga dapat Anda lakukan.

Anda juga dapat membuat efek bokeh dengan kamera utama. Bokeh adalah efek dimana objek memiliki fokus lebih baik daripada latar objek. Menariknya, Anda dapat menghasilkan foto sebesar 16MP regular dan telephoto namun hanya 8MP saat menggunakan mode portrait. Belum diketahui pasti kenapa mode portrait mengalami penurunan resolusi. Kemungkinan hal ini terjadi untuk menghemat waktu pemrosesan digital.

Sementara pada bagian depan menggunakan sensor 20MP. Kamera depan juga memiliki fitur pengaturan manual layaknya kamera belakang. Anda juga bisa mendapatkan foto dengan efek bokeh pada kamera depan. Sayangnya kamera depan tidak ditemani dengan keberadaan LED Flash.


Performa Oppo R11


Oppo R11 merupakan smartphone pertama yang menggunakan chipset Snapdragon 660. Chipset ini dipadukan dengan delapan core prosesor. Empat inti berkekuatan 2,2 GHz sedangkan empat lainnya berkecepatan 1,8 GHz. Oppo mengklaim, kinerja yang dihasilkan jauh lebih tinggi 20% dibandingkan dengan Oppo F3 Plus.

Dapur pacu semakin powerfull berkat RAM 4 GB yang dipadukan dengan GPU dari Adreno 512. Pengolah grafis ini 30% lebih baik dibandingkan Adreno 510 yang dimotori oleh chipset 653. Dengan jeroan hardware seperti ini, Oppo R11 memiliki kinerja yang hampir dapat menyaingi smartphone kelas atas.

Daya tahan baterai Oppo R11


Oppo R11 ditenagai oleh baterai berkapasitas 3000 mAh. Baterai yang tidak dapat dilepas ini didukung oleh teknologi VOOC fast charging. Untuk mengisi daya dari 0% hingga 100% dibutuhkan waktu selama satu setengah jam.

Baterai Oppo R11 mampu Anda andalkan selama 3 hari lebih dalam keadaan siaga. Perlu iingat bahwa banyak kondisi yang mempengaruhi, salah satunya ketersediaan sinyal operator. Untuk Anda yang banyak melakukan panggilan telepon, Oppo R11 mampu bertahan selama 18 jam. Baterai mampu digunakan untuk browsing 11 jam dan memutar video selama 14 jam.

Konektifitas Oppo R11


Chipset Qualcomm memberikan dukungan lebih banyak pada sektor konektifitas. Anda dapat terkoneksi dengan sepuluh variasi jaringan LTE, empat band GSM, dan yang tidak kalah penting adalah dukungan terhadap teknologi VoLTE untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih baik.

Selain itu, Anda bisa terkoneksi dengan perangkat lain melalui Wi-Fi 802.11 b/g/n over 2.4GHz and 802.11 a/n/ac on 5GHz (dual-band Wi-Fi). Wi-Fi Direct, Bluetooth 4.2, A-GPS, dan GLONASS.

Sayangnya, kekurangan Oppo R11 pada sektor konektifitas adalah tidak hadirnya NFC sebagai salah satu konektifitas yang biasa hadir pada smartphone kelas menengah. Hilangnya FM Radio juga patut Anda pertimbangkan karena pilihan hiburan Anda berkurang. Untungnya, Oppo R11 dapat terkoneksi secara langsung ke FlashDisc berkat microUSB v2.0 yang mendukung OTG.

Kelebihan Oppo R11

  • Bodi ditutup dengan material metal dan finishing matte. Desain menarik dan memiliki ciri khas terutama pada bagian belakang. Oppo R11 nyaman dalam genggaman dan terlihat premium karena memiliki ketebalan hanya 6,8 mm.
  • Kamera belakang memiliki dua lensa. Kamera dapat digunakan dengan pengaturan manual sehingga sanggup menggantikan kamera digital Anda. Sensor yang dipakai pun beresolusi 16 MP dan dapat menghasilkan foto berefek bokeh. Yang paling menarik adalah Anda dapat merekam video 4K.
  • Kamera depan beresolusi tinggi, 20 MP. Sebagian fitur kamera belakang dapat Anda nikmati pula pada kamera depan.
  • Menggunakan chipset baru yang powerfull. Chipset ini memberikan kinerja yang handal terlebih dipadukan dengan prosesor Octa Core, RAM 4 GB dan GPU Adreno 512.
  • Baterai berkapasitas 3000 mAh yang memiliki daya tahan yang baik dan hanya butuh waktu singkat untuk mengisi baterai sampai daya penuh berkat VOOC fast charging.
  • Pengamanan data pada Oppo R11 dapat Anda tingkatkan dengan menggunakan sensor sidik jari yang terintegrasi pada tombol Home.

Kekurangan Oppo R11

  • Slot eksternal bersifat hybrid. Anda harus merelakan SIM 2 jika ingin menambah ruang simpan menggunakan microSD
  • Kamera depan tidak didukung dnegan LED Flash
  • Kamera tidak mampu merekam video 1080p sebanyak 60 frame per detik.

Harga Oppo R11

Oppo R11 sangat tepat untuk Anda yang mendambakan smartphone layar lebar, kinerja yang dapat diandalkan, baterai yang hemat daya dan tentunya kamera yang berkualitas. Harga Oppo R11 berkisar Rp 4.600.000.

Pesaing Oppo R11 sulit ditemukan, karena pada rentang harga yang sama tidak ada smartphone lain yang memiliki dua kamera dengan lensa telephoto. Namun Anda bisa melihat Samsung Galaxy J7 Pro sebagai alternatif lain jika merasa membutuhkan kapasitas baterai lebih besar.

Demikin ulasan mengenai review Oppo R11 yang menyajikan kelebihan dan kekurangan Oppo R11 disertai harga dan spesifikasi Oppo R11. Semoga bermanfaat untuk Anda.