Tuesday, July 25, 2017

Kelebihan dan Kekurangan LG K10 Power

LG K10 Power merupakan kelanjutan dari seri K10 sebelumnya. Tambahan kata Power tidak hanya menunjukkan bahwa smartphone ini lebih besar pada kapasitas baterai saja namun pada beberapa spesifikasi lainnya. Jika dibandingkan dengan K10, K10 Power unggul dalam lebar layar dan juga kamera.

Kapasitas baterai LG K10 Power sebesar 4500 mAh. Pada rentang harga dua jutaan, K10 Power berhadapan langsung dengan Lenovo K6 Power dengan baterai 4000 mAh. Jika Anda mencari smartphone dengan baterai yang besar, Xiaomi Redmi Note 5 juga masih bisa menjadi pilihan meski baterai kalah besar, 3790 mAh.

Dari ulasan di atas, bahwa K10 Power masih yang teratas pada urusan kapasitas baterai. Mungkin Anda akan langsung lebih mengutamakan K10 Power sebagai yang teratas dalam daftar smartphone yang akan Anda beli. Namun sebaiknya Anda mengikuti ulasan kelebihan dan kekurangan LG K10 Power berikut ini.


Spesifikasi LG K10 Power

  • Dimensi: 154.7 mm x 78.1 mm x 8.49 mm; berat 164 gram
  • Jaringan: HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
  • Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors, 5.5 inches, 720 x 1280 pixels (~267 ppi pixel density)
  • Kamera Belakang: 13 MP, autofocus, LED flash, Geo-Tagging, 1080p@30fps
  • Kamera Depan: 5 MP, LED Flash
  • Memori Internal: 16 GB
  • Memori Eksternal: hingga 128 GB
  • OS: Android 7.0 (Nougat)
  • Chipset: MediaTek MT6750
  • Processor:  Octa-core 1.5GHz
  • GPU: Mali-T860MP2
  • RAM: 2 GB
  • Sensor: accelerometer, proximity, light, compass
  • Konektifitas: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Hotspot Tethering; Bluetooth v4.2 BLE; USB v2.0; NFC; GPS, A-GPS and GLONASS
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 4500 mAh battery

Anda mengharapkan baterai besar sehingga aktifitas mobile Anda bisa berlangsung lebih lama tanpa perlu mengisi daya? 


LG K10 Power bisa menjadi jawaban atas kebutuhan Anda tersebut. Kenapa? Ya, karena baterai K10 Power berkapasitas 4500 mAh. Dengan baterai sebesar ini, K10 Power mampu bertahan hingga 2 hari saat digunakan secara wajar.

Konsumsi daya LG K10 Power sangat hemat. Anda pun bisa dimanjakan selama 18 jam untuk memutar video. Untuk mengisi daya dari 0% hingga ke 100%, Anda membutuhkan waktu hanya dua setengah jam. Pengisian daya tergolong cepat karena didukung oleh fitur fast charging. Jika Anda terburu-buru, 30 menit cukup untuk mendapatkan 27% daya dari kapasitas baterai keseluruhan.



Masih ragu dengan daya tahan baterainya? Kemampuan detailnya adalah LG K10 Power dapat bertahan selama 8 jam untuk mengambil foto, 7 jam untuk merekam video, 12 jam ketika Anda aktif dengan GPS ketika dalam perjalanan, dan 19 jam untuk browsing.



Desain LG K10 Power

Desain LG K10 Power terlihat tidak memiliki ciri khas. Smartphone ini pada bagian depan tidak memiliki tombol fisik maupun kapasitif. Semua tombol navigasi dimasukkan kedalam layar. Pada sisi bawah layar hanya diisi oleh logo LG.

Pada sisi belakang terdapat kontur bergerigi agar tidak licin meski tangan dalam kondisi berkeringat. Di sisi ini, terlihat perbedaan antara K10 Power dengan K10 dimana tidak terlihat adanya sensor sidik jari. Tombol power pun pindah ke sisi samping. 

LG K10 Power dibalut oleh material dari plastik. Memang terasa kurang jika dibandingkan dengan pesaing yang menggunakan bahan metal atau polycarbonat.

Anda memerlukan smartphone yang bagus untuk selfie selain kapasitas baterai yang besar?


LG K10 Power bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. K10 Power melengkapi diri dengan kamera depan yang dikembangkan mengikuti trend selfie saat ini. Selfie tidak melulu harus sendiri, karena selfie secara beramai-ramai semakin seru.

Kamera depan biasa hanya memiliki sudut pandang kira-kira 80 derajat saja. Untuk keperluan wefie, Anda memerlukan sudut pandang yang lebih luas supaya semua orang bisa tertangkap kamera. K10 Power memberikan pengalaman baru ber-wefie dengan kamera depan  bersudut pandang 120 derajat.

Kekurangan LG K10 Power pada kamera adalah karena kamera depan hanya beresolusi 5 MP saja. Dimana smartphone pesaing pada rentang harga yang sama membubuhkan snsor kamera depan hingga 13 MP. Untungnya, ada LED Flash untuk membantu pencahayaan kamera depan sehingga kekurangannya sedikit tertutupi.


Sedangkan pada bagian belakang ditempati oleh kamera sebesar 13 megapiksel yang telah dilengkapi dengan lensa apperture f/2.2. Kamera utamanya memiliki spesifikasi yang memang tidak jauh berbeda dengan LG K10 2017. Anda dapat pula mengabadikan video dengan resolusi maksimal 1080p.

LG telah melengkapi perangkat ini dengan fitur HDR meski menurut tabloidpulsa dari sisi kualitasnya tergolong standar. Pemotretan di luar ruangan juga menghasilkan foto dengan kecepatan fokus yang lambat serta kurang akurat karena memang belum dibekali dengan phase detection autofocus.

Anda mengidamkan layar yang lebar sehingga aktifitas Anda dengan smartphone menjadi lebih leluasa?


LG K10 Power dilengkapi dengan layar 5,5 inci. Layar berbentuk 2,5 D yang juga memberikan perlidungan dari goresan. Dengan dukungan panel IPS LCD, layar LG K10 Power mampu memberikan kecerahan dan nyaman di mata.

Namun sayangnya, resolusi yang ditawarkan tergolong kurang mampu bersaing. LG K10 Power hanya membekali diri dengan resolusi HD, dimana pesaing mengusung layar FHD. Hal tersebut membuat kerapatan layar menjadi rendah yaitu 267 ppi saja.


Fitur yang dapat Anda temui pada pengaturan layar diantaranya Comfort View. Fitur ini berguna untuk mengurangi sinar biru yang dipancarkan oleh layar agar mata tidak lekas lelah ketika harus menatap perangkat dalam jangka waktu lama.

Anda juga dapat mengatur ukuran tampilan item pada layar menjadi kecil, sedang dan besar. Sementara KnockOn memungkinkan Anda untuk menghidupkan layar yang tengah mati cukup dengan mengetukkan jari sebanyak dua kali.

Dapur pacu LG K10 Power


LG K10 Power menggunakan chipset MediaTek MT6750 yang disandingkan dengan prosesor Octa Core 1,5 GHz. Menemani dapur pacu, LG menyediakan RAM sebesar 2 GB dan ruang penyimpanan seluas 32 GB. Anda dapat pula memperluas kapasitas simpannya dengan kartu microSD.

Yang menjadi kelebihan LG K10 Power adalah slot microSD tidak menjadi satu dengan SIM 2. Inilah nilai plus dari smartphone dari negeri ginseng ini. Anda tidak perlu merelakan SIM 2 jika ingin menambah ruang simpan. Kinerja RAM 2 GB pun akan lebih optimal dengan ruang simpan yang masih longgar.


LG K10 Power juga telah disisipkan beragam sensor penting seperti gyroscope untuk bermain game dan magnet untuk kompas. Gyroscope mulai banyak dimasukkan dalam daftar wajib pasang sebuah smartphone karena penting untuk dapat menjalankan aplikasi yang membutuhkan dukungan augmented reality.

Konektifitas LG K10 Power dibekali NFC


 NFC biasanya dijumpai pada smartphone dengan harga tiga jutaan keatas. Beberapa pengguna memperdebatkan fungsionalitas fitur ini. NFC digunakan untuk melakukan pembayaran secara digital. Ada pula yang memanfaatkannya untuk pertukaran data secara nirkabel. LG K10 Power memiliki fitur NFC yang layak Anda pertimbangkan kehadirannya sebagai nilai lebih.

Selain melalui kedua SIM yang telah mampu menjangkau jaringan 4G LTE, Anda dapat pula menghubungkan perangkat ini ke jaringan Wi-Fi serta memanfaatkan fitur Wi-Fi Direct guna transfer data lebih kencang. Adapun aplikasi LG Backup dapat Anda manfaatkan untuk memindahkan data dari perangkat lama ke smartphone LG Anda yang terhubung pada jaringan Wi-Fi yang sama. Selain data kontak, Anda bahkan juga bisa melakukan backup aplikasi serta data multimedia seperti foto dan video.

Kabel data yang disertakan dalam paket penjualan dapat Anda sambungkan pula ke PC untuk kebutuhan pemindahan data. Sementara dengan adapter USB OTG yang Anda beli secara terpisah, K10 Power sanggup membaca flashdisk serta perangkat berbasis port USB lainnya.


Kelebihan LG K10 Power

  • Harga terjangkau, dengan dua jutaan rupiah Anda mendapatkan smartphone layar besar dengan kapasitas baterai di atas rata-rata.
  • Menyediakan dua slot SIM 4G. Slot SIM tidak bercampur dengan slot microSD. Keduanya dapat Anda akses pada sisi kiri K10 Power.
  • Layar lebar 5,5 inci berbentuk 2,5 D sehingga terlihat berkelas.
  • Kamera belakang 13 MP dengan aperture f/2.2. Kamera depan dibekali dengan LED Flash untuk membantu pencahayaan, serta mampu menangkap objek lebih banyak hingga 120 derajat sudut pandang.
  • Dapur pacu menggunakan RAM 2 GB dengan prosesor Octa Core 1,5 GHz.
  • Memiliki konektifitas NFC.
  • Baterai berkapasitas besar 4500 mAh.

Kekurangan LG K10 Power

  • Layar beresolusi HD, sehingga kerapatan pikselnya rendah, hanya 267 ppi.
  • Kamera depan kurang dapat bersaing secara kualitas resolusi, hanya 5 MP dimana pesaing dijejali dengan resolusi yang lebih baik.
  • Tidak memiliki sensor sidik jari.

Harga LG K10 Power

LG K10 Power dibanderol dengan harga Rp 2.799.000. Dengan harga hampir mencapai 3 juta, memang banyak kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan.

Demikian ulasan kami mengenai harga dan spesifikasi LG K10 Power disertai dengan review LG K10 Power, semoga bermanfaat untuk Anda.