Sunday, July 23, 2017

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo K6 Power

Lenovo seri K dilanjutkan oleh Lenovo K6 Power sebagai smartphone dengan harga yang bersahabat dengan kantong. K6 Power memiliki dimensi yang terkecil jika dibandingkan dengan seri K sebelumnya. Seperti diketahui bahwa sebelumnya telah beredar K6 Note.

Dimensi yang lebih kecil biasanya dibarengi dengan kapasitas baterai yang mengecil juga. Namun tidak dengan K6 Power, dimana kapasitas baterai justru lebih besar daripada K6 Note. Kelebihan Lenovo K6 Power justru berada di sektor ini. K6 Power dibekali dengan baterai sebesar 5000 mAh.


Spesifikasi Lenovo K6 Power

  • Dimensi: 141.9 x 70.3 x 9.3 mm; berat 145 gram
  • Jaringan: GSM / CDMA / HSPA / LTE
  • Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors, 5.0 inches (~69.1% screen-to-body ratio); 1080 x 1920 pixels (~441 ppi pixel density)
  • Kamera Belakang: 13 MP, phase detection autofocus, LED flash; Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama; 1080p@30fps
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Memori Internal: 16 GB
  • Memori Eksternal: hingga 256 GB
  • OS: Android 6.0 (Marshmallow), upgradable to 7.0 (Nougat)
  • Chipset: Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430
  • Processor: Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 505
  • RAM: 2 GB
  • Sensor: Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Konektifitas:Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot; Bluetooth 4.2, A2DP, LE; A-GPS;microUSB 2.0
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh battery
Lenovo K6 Power akan bersaing dengan Xiaomi Redmi Note 5 pada rentang harga dua jutaan rupiah. Keduanya memang memiliki spesifikasi yang berbeda dimana Redmi Note 5 mengusung layar lebih lebar yaitu 5,5 inci dan baterai kalah besar karena hanya 3790 mAh.

Dengan harga yang terjangkau, memang banyak pilihan smartphone yang mungkin akan membuat Anda bingung smartphone mana yang tepat untuk Anda. Oleh sebab itu, ikuti ulasan mengenai Lenovo K6 Power yang akan menambah wawasan Anda tentang smartphone yang diluncurkan November 2016 ini.



Anda membutuhkan smartphone dua jutaan dengan kapasitas baterai yang besar? Lenovo K6 Power tepat untuk Anda.


K6 seri ini sengaja diberi tambahan dengan kata Power yang dimaksudkan untuk menunjukkan besarnya baterai yang dibawanya. Ya, pada bagian belakang K6 Power membawa baterai berkapasitas 4000 mAh. Lenovo mengklaim bahwa baterai ini mempunya masa aktif hingga 2 hari pada pemakaian normal.

Waktu bicara K6 Power pun tergolong tinggi, dimana sanggup menemani komunikasi Anda selama 33 jam pada jaringan 3G. Namun sayangnya, Lenovo K6 Power tidak dibekali dengan fitur fast charging. Butuh waktu sekitar dua setengah jam untuk mengisi daya dari 0% hingga 100%.

Kapasitas baterai besar Lenovo K6 Power dapat Anda harapkan untuk selalu on selama satu hari penuh untuk bermain games, berseluncur di dunia maya atau mengakses jejaring sosial. Selain itu, dengan fitur penghemat daya, Lenovo K6 Power diklaim bisa aktif 3-4 kali lebih lama dari durasi normalnya.


Desain Lenovo K6 Power  dibalut  material dari bahan metal.


Sebelum membahas desain K6 Power, ada hal yang tidak biasa pada penempatan microUSB. Jika pada umumnya port microUSB berada pada sisi bawah, Lenovo meletakkannya di sisi atas. Penempatan ini kemungkinan dimaksudkan untuk menghemat biaya. Penempatan port microUSB di atas membuat vendor tidak perlu menambahkan circuit tambahan karena langsung menjangkau motherboard.

Desain Lenovo K6 Power tidak terlalu istimewa karena tidak berciri khas. Hanya saja material yang digunakan pada panel belakangnya terbuat dari logam sehingga tampil elegan. Meterial logam membuat smartphone ini memiliki konstruksi bodi cukup solid.

Lenovo K6 Power sendiri sudah mengadopsi desain unibodi. Dikombinasikan dengan material logam tentu saja smartphone ini juga tampil elegan. Namun K6 Power memiliki ketebalan yang kurang bersaing, mencapai 9,3 mm sebagai akibat dari kapasitas baterai yang besar.

Layar 5 inci dengan kerapatan piksel yang memukau.


Lenovo K6 Power menggunakan panel IPS LCD sebesar 5 inci. Resolusi ya berkualitas FHD 1920x1080 piksel. Hasilnya, kerapatan piksel yang ditampilkan sangat sempurna mencapai 441 ppi. Kekurangan Lenovo K6 Power menurut gsmarena, saturasi warna layarnya terlihat kurang bagus. Kekurangan ini tidak perlu dirisaukan karena Anda dapat mengatur saturasi layar dengan mode Normal atau Vibrant.

Penggantian saturasi layar ke mode normal secara otomatis memperbaiki akurasi warna. Aspek lain yang menjadi pertimbangan suatu layar adalah sudut pandang, tingkat kecerahan dan respon layar terhadap sentuhan, dimana faktor ini pada K6 Power tergolong baik.


Sanggupkan kamera Lenovo K6 Power memenuhi kebutuhan Anda?


K6 Power memiliki kamera beresolusi 13 MP. Tingkat resolusi ini memang umum ditemui pada smartphone dengan harga dua jutaan. Tepat dibawah lensa kamera terdapat LED Flash untuk membantu pencahayaan. Selain itu kamera yang dibekali fitur phase detection autofocus ini mampu merekam video 1080p pada 30fps.

Aplikasi kamera K6 Power simple dan efisien. Semua fitur tertata rapi dan mudah dioperasikan. Yang menarik dan menjadi kelebihan Lenovo K6 Power adalah adanya fitur kontrol manual untuk mengatur shutter speed, ISO dan white balance layaknya pada kamera digital.

Mode lain yang dapat Anda temui pada smartphone dengan dua pilihan warna silver dan abu-abu gelap ini, adalah artistic HDR. Mode ini hadir dalam empat pilihan pengaturan.

Hasil foto dari kamera Lenovo K6 Power cukup baik dari hasil test yang dilakukan oleh gsmarena. Warna terlihat natural dan memiliki detail yang lumayan baik. Namun pada saat digunakan pada kondisi kurang cahaya, hasil foto menjadi kurang detail dan kurang tajam mungkin untuk menghidari munculnya banyak noise.

Kamera depan 8 MP dapat Anda andalkan untuk video call atau live video melalui media sosial. Resolusi yang Anda hasilkan sama dengan kamera utama yaitu 1080p pada 30fps. Hasil foto kamera depan pun tergolong bagus meski dynamic range-nya kurang optimal.

Performa dan Fitur Unggulan Lenovo K6 Power


Lenovo K6 Power mampu menjalankan game HD tanpa kendala. Hal ini merupakan hasil kinerja dari chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 dengan prosesor Octa Core 1,4 GHz. Dukungan pengolah grafis Androd 505 pun tidak dapat dipungkiri keberhasilannya, terlebih disandingkan dengan RAM 2 GB.

Fitur unggulan Lenovo K6 Power yang mulai banyak diikuti smartphone pada kelas menengah adalah sensor sidik jari. Sensor ini diletakkan tepat pada sisi belakang di bawah kamera. Pemindai sidik jari ini bekerja sangat baik yang bisa Anda gunakan untuk mengunci smartphone dalam waktu kurang dari 0,3 detik. Selain itu, Anda juga dimungkinkan untuk mengunci aplikasi untuk mendapatkan privasi penuh.

Di antara fitur yang ditawarkan lainnya terdapat fitur Knock to light. Dengan fitur ini, layar yang dalam keadaan mati bisa dihidupkan dengan hanya mengetuknya dua kali dengan jari.

K6 Power juga dipersiapkan untuk Anda yang suka menikmati konten Virtual Reality. Caranya cukup tekan tombol power agak lama, akan muncul tepat di bawah menu Power Off dan Restart satu menu tambahan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan VR Mode.


Kelebihan Lenovo K6 Power

  • Harga terjangkau dengan dua SIM yang dapat menjangkau jaringan 4G LTE. 
  • Layar 5 inci cukup lebar dan memiliki kerapatan piksel yang tinggi 441 ppi.
  • Dibekali dengan sensor sidik jari untuk keamanan data yang dapat mendeteksi sangat cepat.
  • Kamera 13 MP pada bagian depan dengan banyak fitur salah satunya mode manual layaknya kamera digital. Kamera depan dan belakang sama-sama dapat merekam video 1080p@30fps.
  • Baterai berkapasitas besar 5000 mAh yang mampu menghidupi smartphone Anda selama satu hari penuh.
  • Dapur pacu bekerja sangat baik. Kegiatan multitasking tidak terhambat karena perpaduan chipset, GPU, RAM dan prosesor dari produsen yang terpercaya.
  • Kapasitas ruang simpan pada internal 16 GB yang dapat ditambah melalui slot eksternal hingga 256 GB.

Kekurangan Lenovo K6 Power

  • Kamera depan hanya 5 MP dirasa kurang mampu bersaing untuk smartphone di level harga dua jutaan.
  • Slot eksternal bertipe hybrid. Anda harus merelakan SIM 2 untuk dapat memasukkan microSD.
  • Untuk menjalankan aplikasi berat dan multitasking, menurut tabloidpulsa.co.id, Lenovo K6 Power terasa panas.

Harga Lenovo K6 Power

Lenovo K6 Power merupakan salah satu pilihan smartphone kelas menengah dengan baterai berkapasitas super. Tidak hanya keunggulan baterai, anmun K6 Power juga menyediakan pengalaman yang memanjakan melalui layar dan kinerja dapur pacu. Lenovo K6 Power dibanderol dengan harga Rp 2.399.000.

Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Lenovo K6 Power, semoga bermanfaat untuk Anda.