Thursday, July 6, 2017

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro


Samsung merupakan vendor ternama yang telah menjadi ikon smartphone berkualitas. Semua kalangan hampir bisa dipastikan menjadikan Samsung menjadi pilihan utama kebutuhan komunikasi mereka. Kecintaan pada Samsung makin diperkuat dengan hadirnya smartphone kelas menengah yang diberi nama Samsung Galaxy J5 Pro.

Spesifikasi Samsung Galaxy J5 Pro cukup menarik, karena menggandeng kamera dan dapur pacu yang dapat diandalkan. Fitur-fitur yang dimilikinya membuat Anda termanjakan dengan kecanggihannya. Untuk kategori smartphone kelas menengah, harga Samsung Galaxy J5 Pro dibanderol pada kisaran 3 jutaan rupiah sehingga cukup terjangkau.


Kelebihan Samsung Galaxy J5 Pro tampak langsung pada desain luarnya. Desain stylish dengan balutan bodi full metal mirip dengan yang dijumpai pada Galaxy J7 Pro. Namun Samsung Galaxy J5 Pro lebih kecil dibandingkan dengan J7 Pro. Dimensinya memiliki ukuran panjang 146.2 mm, lebar 71.3 mm, dan ketebalan 8.0 mm. Sedangkan untuk bobotnya 160 gram, sehingga tetap nyaman dipegang dan dioperasikan dengan satu tangan.

Desain Samsung Galaxy J5 Pro didominasi oleh layar 5,2 inci pada bagian depan. Di bawah layar terdapat tombol Home yang terintegrasi dengan sensor pemindai sidik jari. Di atas layar terpasang LED Flash yang akan memaksimalkan pencahayaan ketika selfie dengan sensor kamera sebesar 13 MP  Bodi metal Samsung Galaxy J5 Pro terdapat empat pilihan warna yaitu emas, hitam, biru, dan pink.

Layaknya smartphone kelas atas, Samsung Galaxy J5 Pro memiliki kamera belakang 13 MP. Besaran aperture f/1.7 pada kamera seperti pada Samsung Galaxy S8 mampu menghasilkan foto dan video dengan warna lebih akurat meski pada kondisi kurang cahaya. Kecanggihan kamera dipadukan dengan fitur LED Flash dan autofocus untuk memaksimalkan ketajamannya. Smartphone ini mampu merekam video Full HD 1080p@30fps. Kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro pada sektor kamera adalah belum mampu merekam video 4K.


Spesifikasi Samsung Galaxy J5 Pro pada sektor dapur pacu menawarkan performa yang bertenaga dengan chipset Exynos 7870 Octa dan processor berkecepatan Octa Core 1.6 Ghz Cortex-A53. Selain itu, tersedia pula pengolahan grafis bertipe Mali-T830MP2. Secara keseluruhan performa Samsung Galaxy J5 Pro sangat cepat terlebih disokong oleh RAM 3 GB.

Ruang simpan Samsung Galaxy J5 Pro sebesar 32 GB pada memori internal. Apabila media penyimpanannya tidak mencukupi untuk menyimpan file-file berukuran besar, Anda dapat menambahkan microSD hingga 256 GB.

Baterai Samsung Galaxy J5 Pro berkapasitas 3.000 mAh yang diklaim mampu bertahan selama 20 Jam ketika dipakai telepon pada jaringan 3G dan bisa dipakai browsing pada jaringan 4G selama 13 Jam. Baterainya tidak bisa dilepas, namun sangat awet. Kelemahan Samsung Galaxy J5 Pro pada sektor ini adalah belum dilengkapi dengan fitur Fast Charging.

Samsung Galaxy J5 Pro mengadopsi sistem operasi Android Nougat 7.1 yang didalamnya tersimpan fitur Samsung Secure Folder. Fitur ini akan menjaga privacy penggunanya dengan enkripsi secara menyeluruh pada memori yang digunakan untuk menjalankan fitur Secure Folder. Alhasil kita bisa menyimpan file foto, document, dan video dengan aman.

Selanjutnya untuk sektor konektivitas, Samsung Galaxy J5 Pro memiliki dua slot kartu SIM dengan kemampuan mengakses internet pada jaringan 4G LTE. Keunggulan Samsung Galaxy J5 Pro pada konektifitas terletak pada dukungan fitur NFC dan tersedia Wi-Fi Dual Band. Lalu ada pula port MicroUSB 2.0, Bluetooth v4.1, dan navigasi GPS berteknologi A-GPS serta Glonass.

Spesifikasi Samsung Galaxy J5 Pro

  • Dimensi : 146.2 x 71.3 x 8 mm, berat 160 gram
  • Jaringan: Dual SIM Card, HSPA, LTE
  • Layar: 5.2 inches, 720 x 1280 pixels (~282 ppi pixel density), 2.5D Curved Glass Screen, Super Amoled touchscreen, 16M colors
  • Kamera Belakang: 13 MP, Aperture f/1.7, autofocus, LED flas, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR, 1080p@30fps
  • Kamera Depan: 8 MP, Aperture f/1.9, LED flash
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: hingga 256 GB
  • OS: Android Nougat 7.1
  • Chipset: Exynos 7870 Octa
  • Processor: Octa-core 1.6 Ghz Cortex-A53
  • GPU: Mali-T830MP2
  • RAM: 3 GB
  • Sensor: accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Fitur : Fingerprint Sensor
  • Konektifitas: A-GPS, Glonass, Bluetooth v4.1, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, microUSB v2.0, USB On-The-Go
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3000 mAh 

Kelebihan Samsung Galaxy J5 Pro

  • Samsung Galaxy J5 Pro meggunakan bahan metal untuk menutupi bodinya yang membuatnya terlihat premium dan elegan.
  • Layarnya didukung dengan teknologi panel Super Amoled Display yang dilapisi kaca 2.5D.
  • Performa Samsung Galaxy J5 Pro untuk digunakan bekerja secara multitasking dan bermain game sangat baik, karena ditenagai processor Octa Core 1.6 Ghz dengan dukungan RAM 3GB.
  • Kedua kamera memiliki bukaan yang besar dan dilengkapi dengan LED Flash sehingga tetap tangguh pada kondisi low light.
  • Kapasitas baterainya cukup besar yaitu 3000 mAh.
  • Sudah mengadopsi sistem operasi Android Nougat dengan fitur Secure Folder.
  • Pada tombol Home terintegrasi dengan sensor pemindai sidik jari untuk menjamin keamanan data Anda.
  • Konektivitasnya mendukung jaringan 4G LTE dan Dual SIM.
  • Dilengkapi fitur NFC dan sensor Gyro yang membuat kita bisa menjalankan konten virtual reality.

Kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro

  • Baterai Samsung Galaxy J5 Pro belum dilengkapi dengan fitur Fast Charging untuk meningkatkan kecepatan pengisian baterai.
  • Samsung Galaxy J5 Pro belum dilengkapi kemampuan tahan air dan debu.
  • Resolusi layarnya masih HD 720p dan kamera belum mendukung video 4K.

Harga Samsung Galaxy J5 Pro

Samsung Galaxy J5 Pro cocok untuk Anda yang mencari smartphone dengan keunggulan kamera, performa dan juga. Samsung Galaxy J5 Pro dibanderol dengan harga cukup terjangkau jika dilihat dari spesifikasinya yang mumpuni, yaitu pada kisaran Rp 3.599.000.

Pesaing Samsung Galaxy J5 Pro


Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa Samsung merupakan brand ternama. Kualitas dan layanan purna jualnya menjadi alasan para pengguna smartphone lebih memilih Samsung daripada brand lain meskipun spesifikasi dan fitur yang ditawarkan lebih unggul.

Untuk Anda yang masih menginginkan alternatif lain smartphone untuk harga 3 jutaan rupiah. Berikut beberapa smartphone yang bisa Anda masukan ke dalam daftar pertimbangan Anda.

Oppo A57 menawarkan kamera yang berkualitas baik karena menggunakan sensor buatan Sony. Dapur pacu yang dibawanya menggunakan RAM 3 GB dan pengolah grafis Adreno 505. Smartphone ini cocok untuk Anda yang menginginkan hasil foto yang baik dan dapur pacu yang lancar.

Asus Zenfone 4 Max dibekali dengan RAM yang lebih besar, 4 GB. Demikian pula pada kualitas layar yang memberikan resolusi FHD. Yang tidak kalah menarik adalah dual kamera pada bagian belakang yang sudah tentu tidak dapat dipandang remeh.

Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro, semoga bermanfaat untuk Anda dalam menentukan pilihan smartphone yang tepat.