Thursday, July 6, 2017

Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 4 Max ZC554KL

Trend smartphone di 2017 bergerak kearah teknologi dual kamera. Beberapa vendor mulai mengaplikasikan teknologi ini untuk menjawab kebutuhan konsumen yang semakin ekspresif dan aktif bersosial media. Asus pun tidak ingin ketinggalan dengan mengeluarkan Zenfone 4 Max ZC55EKL.

Kelebihan Asus Zenfone 4 Max salah satunya terletak pada dual kameranya. Dua kamera pada sisi belakang ini ditujukan agar hasil foto dan video menjadi lebih berkualitas. Kemampuan dual kamera Asus Zenfone 4 Max mampu mengambil foto wide angle 120 derajat. Bahkan kamera depannya memiliki fitur selfie panorama 140 derajat sehingga sangat cocok bagi pecinta selfie.


Selain mengandalkan teknologi dual kamera, Asus Zenfone 4 Max juga memiliki baterai berkapasitas besar yaitu 5.000 mAh. Kapasitas baterai yang besar tentunya merupakan salah satu faktor yang menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli smartphone. Aktifitas bermain game, foto dan video, browsing melalui jaringan 4G LTE tentunya menguras daya tahan baterai, sehingga dibutuhkkan baterai dengan kapasitas besar.

Kapasitas baterai yang besar membuat baterai Asus Zenfone 4 Max membutuhkan waktu selama 4 Jam untuk mengisi baterai Zenfone 4 Max dari 0% sampai 100%. Daya baterai bisa Anda bagi untuk perangkat lain karena Asus Zenfone 4 Max Zenfone 4 Max bisa difungsikan sebagai powerbank.

Asus Zenfone 4 Max ZC554KL dapat Anda pilih dalam dua versi dengan harga yang berbeda tentunya. Perbedaan terletak pada kapasitas memori internal yaitu 32GB dan 64GB. Namun keduanya sama-sama dilengkapi slot memori ekternal dan memiliki RAM berkapasitas 4GB. Kekurangan Zenfone 4 Max terletak pada chipsetnya yang masih menggunakan Qualcomm Snapdragon 430 bukan Snapdragon 435 atau versi yang lebih terbaru.

Meski chipset yang ditanamkan didalamnya bukan yang terbaru, namun  Asus Zenfone 4 Max tetap memiliki performa yang powerfull. Dapur pacunya ditenagai oleh Prosesor Octa Core 1.4 Ghz Cortex-A53  dan didukung pengolahan grafis bertipe Adreno 505. Performa cepat dioptimalkan juga  oleh RAM berkapasitas 4GB dan sistem operasi Android Nougat 7.0. Tak ketinggalan antarmuka ZenUI 4.0 khas Asus sehingga user interface Zenfone 4 Max semakin cantik.

Pada bagian depan juga terpasang layar 5.5 inci. Layar menggunakan teknologi S-IPS LCD yang terkenal akan ketajaman dan kejernihan. Terlebih layar Zenfone 4 Max memiliki resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels yang mampu menghasilkan kerapatan 401 ppi.


Kejernihan dan pengalaman berinteraksi dengan Asus Zenfone 4 Max makin memanjakan berkat dukungan dengan kaca 2.5D Curved Glass Screen yang membuat tepian layarnya terlihat memiliki sisi melengkung. Agar tidak mudah tergores, Asus melindunginya dengan kaca Corning Gorilla Glass. Selain itu, tersedia pula

Kekurangan Asus Zenfone 4 Max salah satunya terletak pada ukurannya yang relatif besar dan berat. Faktor utama yang menyumbang hal ini adalah karena kapasitas baterai yang besar sehingga membutuhkan ruang serta menambah bobot smartphone ini. Secara detail dimensinya pada ukuran panjang adalah 154 mm, lebar 76.9 mm, dan ketebalan 8.9 mm. Sedangkan bobotnya seberat 181 gram. Selain layar yang mendominasi pada sisi depan, tombol Home terintegrasi dengan sensor pemindai sidik jari (Fingerprint Sensor).

Harga Asus Zenfone 4 Max berada pada kelas menengah, hal ini sebanding dengan teknologi kamera yang diusungnya. Asus memakai teknologi dual kamera, dimana kamera belakang terdiri dari dua lensa 13 MP yang memiliki aperture f/2.0. Alhasil kameranya memiliki kemampuan low light cukup baik. Agar hasil foto dan videonya semakin tajam, maka smartphone ini dibekali fitur Autofocus dan LED Flash.


Meski memiliki dua kamera namun untuk digunakan merekam video Asus Zenfone 4 Max hanya bisa menghasilkan kualitas video Full HD 1080p@30fps. Dibalik kekurangan Zenfone 4 Max ini, Asus membekali kamera depan dengan sensor 8 MP yang memiliki aperture f/2.2.

Pada sektor konektifitas, untuk berselancar di dunia maya Asus Zenfone 4 Max memiliki fitur Dual SIM Card yang mampu mengakses internet pada jaringan 4G LTE. Koneksi internetnya 4G LTE Cat4, sehingga kecepatan maksimal mencapai 150 mbps dan upload 50 mbps. Sedangkan konektivitas tanpa kabel dapat Anda akses melalui teknologi Wi-Fi 802.11 b/g/n dan Bluetooth v4.1. Untuk ketepatan lokasi terdapat sistem navigasi GPS yang akurat karena mengadopsi satelit A-GPS serta Glonass.


Spesifikasi Asus Zenfone 4 Max ZC554KL

  • Dimensi: 154 x 76.9 x 8.9 mm, berat 181 gram
  • Jaringan: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by), HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • Layar: S-IPS capacitive touchscreen, 16M colors, 5.5 inches 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density), 2.5D Corning Gorilla Glass
  • Kamera Belakang: Dual 13 MP, f/2.0, autofocus, LED flash, 1080p@30fps
  • Kamera Depan: 8 MP, f/2.2
  • Memori Internal: 32 GB / 64 GB
  • Memori Eksternal: hingga 128 GB
  • OS: Android Nougat 7.0
  • Chipset: Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430
  • Processor: Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 505
  • RAM: 4 GB
  • Fitur: Fingerprint Sensor, Power Bank, Fast Charging
  • Sensor: accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Konektifitas: A-GPS, Glonass, Bluetooth v4.1 with A2DP, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, microUSB v2.0, USB On-The-Go
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Kelebihan Asus Zenfone 4 Max ZC554KL

  • Layar luas berukuran 5.5 inci dengan resolusi Full HD. Kejernihan dan ketajamannya didukung oleh kaca 2.5D dan dilindungi kaca Corning Gorilla Glass.
  • Memiliki dua kamera belakang dengan kemampuan wide angle 120° beresolusi 13 MP.
  • Kamera depannya beresolusi 8 Megapixel dan bisa mengambil foto selfie panorama 140°.
  • Sudah mengadopsi sistem operasi Android terbaru Nougat 7.0.
  • Dapur pacunya cukup bertenaga Octa Core 1.4 Ghz Cortex-A53 dan didukung pengolahan grafis bertipe Adreno 506. Performa cepat dioptimalkan juga oleh RAM berkapasitas 4GB.
  • Dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh yang membuat Zenfone 4 Max bisa bertahan seharian penuh.
  • Untuk akses internet, Asus Zenfone 4 Max sudah mendukung 4G LTE dengan fitur Dual SIM Card.
  • Tersedia fingerprint sensor yang terintergrasi pada tombol Home untuk mengoptimalkan sistem keamanan Zenfone 4 Max.

Kekurangan Asus Zenfone 4 Max ZC554KL

  • Dimensi Asus Zenfone 4 Max relatif besar dan lebih berat dibandingkan kompetitornya dimana Samsung Galaxy J5 Pro hanya memiliki berat 160 gram.
  • Asus Zenfone 4 Max belum dilengkapi fitur NFC.
  • Chipset yang digunakan pada dapur pacu belum menggunakan Snapdragon keluaran terbaru yang lebih powerfull dan hemat baterai.

Harga Asus Zenfone 4 Max ZC554KL

Asus Zenfone 4 Max merupakan smartphone yang cocok untuk Anda yang mengidamkan ketajaman foto dan video, kecepatan kinerja untuk bermultitasking bahkan bermain game. Harga Asus Zenfone 4 Max berada pada kisaran Rp 3.200.000 yang tergolong relatif murah untuk spesifikasi dan fitur yang ditawarkannya.

Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 4 Max, semoga bermanfaat untuk Anda.