Saturday, July 22, 2017

Harga HP Xiaomi Mi Max 2 Terbaru dan Spesifikasi

Xiaomi Mi Max 2 merupakan generasi kedua dari Mi Max. Xiaomi Mi Max 2 diperkenalkan pertama kali pada bulan Mei 2017 berselang tepat satu tahun setelah Mi Max generasi pertama. Beberapa perbedaan spesifikasi mengalami peningkatan dan penurunan, demikian juga harga jual Xiaomi Mi Max 2 yang lebih mahal dibandingkan Mi Max.

Apakah Xiaomi Mi Max 2 smartphone yang cocok untuk Anda?


Xiaomi Mi Max 2 memiliki dimensi yang besar. Hal ini dikarenakan layar yang berukuran ekstra luas yaitu 6,44 inci. Beberapa laman gadget terkemuka memasukkannya kedalam kategori phablet, karena layarnya yang hampir menyamai tablet.

Dengan layar yang luas, sangat jelas bahwa Xiaomi Mi Max 2 cocok untuk Anda yang suka membaca konten digital dalam waktu yang lama menggunakan smartphone. Atau bisa juga untuk Anda yang suka menghabiskan waktu bersosial media, bermain game, bahkan menonton film secara mobile.

Dimensi yang besar tentu memiliki kekurangan. Xiaomi Mi Max 2 cukup sulit dibawa tanpa harus menggunakan tas. Memasukkan smartphone sebesar 174,1 x 88,7 x 7,6 mm kedalam saku pakaian sepertinya tidak mungkin.

Anda juga akan kesulitan mengoperasikan Xiaomi Mi Max 2 dengan satu tangan. Ketika sedang berjalan pun Anda harus ekstra hati-hati berinteraksi dengan Max 2 karena bukan hanya dimensinya yang besar tetapi juga bobotnya yang cukup berat. Perangkat seberat 211 gram ini akan nyaman digunakan saat sedang duduk.

Layar yang besar memang yang Anda butuhkan. Namun bagaimana kualitas layar Xiaomi Mi Max 2?

Kualitas layar salah satunya dipengaruhi oleh kerapatan piksel. Tingkat resolusi yang sama namun berbeda ukuran layar menghasilkan kerapatan piksel yang berbeda.

Xiaomi Mi Max 2 memiliki resolusi Full HD. Full HD adalah resolusi layar terbaik di rentang harga jual Xiaomi Mi Max 2. Layarnya yang luas membuat kerapatan pikselnya hanya mencapai 342 ppi. Angka ini tidaklah buruk, namun jika Anda bandingkan dengan smartphone berlayar 5 inci dengan resolusi FHD, tentunya kerapatan pikselnya menjadi lebih besar.

Penjelasan lebih detail tentang resolusi dan kerapatan piksel dapat baca pada artikel yang berjudul Apakah Pixel Density dan Cara Menghitung Pixel Density.


Layar Mi Max 2 menggunakan panel layar IPS LCD dan yang terlindungi oleh Corning Gorilla Glass 4. Soal kejernihan dan ketajaman layar tentunya tidak perlu dipertanyakan, semua bisa tampil maksimal. Namun menurut tabloidpulsa.co.id, layar Mi Max 2 tidak cukup tangguh digunakan di bawah sinar matahari. Tampilan layar meredup meskipun tingkat kecerahan diatur maksimal.

Mi Max 2 dilengkapi dengan fitur Reading Mode. Fitur ini cocok untuk Anda yang suka membaca lewat smartphone. Paparan sinar biru akan direduksi sehingga membuat mata tidak cepat lelah. Menurut liputan6.com, sinar biru pun sangat berbahaya bagi mata karena dapat merusak retina, memicu katarak dan mengganggu siklus tidur. Reading Mode mirip dengan Eye Protection pada smartphone OPPO.

Bagaimana performa dapur pacu Xiaomi Mi Max 2?


Perbedaan Xiaomi Mi Max 2 dengan Mi Max terlihat pada sektor ini. Mi Max menggunakan prosesor Hexa Core sedangkan Max 2 ditanamkan prosesor Octa Core. Chipset yang digunakan Max 2 sering dipakai di smartphone kelas menengah karena kualitasnya yang baik, yaitu Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625.

Performa Mi Max 2 hampir bisa dipastikan mirip dengan Redmi Note 4. Kinerja smartphone asal Tiongkok ini baik, lancar tanpa kendala karena dipasangkan dengan RAM sebesar 4 GB. Ruang simpan internal sebesar 64 GB tentunya sudah cukup nyaman untuk banyak menyimpan aplikasi, data pribadi maupun film favorit Anda. Jika kurang, masih ada slot eksternal yang sanggup mendeteksi microSD hingga 128 GB.



Kekurangan Mi Max 2 salah satunya karena penggunaan konsep hybrid pada slot SIM 2. Anda harus merelakan SIM 2 digunakan untuk microSD jika merasa kurang cukup ruang simpan.

Untuk Anda yang hobi bermain game, Xiaomi Mi Max 2 bekerja cukup tangguh. Menurut gadgets.ndtv.com, Mi Max 2 dapat menjalankan game Asphalt 8 and Marvel: Contest of Champions dengan lancar. Meski bekerja berat, Mi Max 2 tidak terlalu panas di tangan.

Tidak hanya menawarkan performa yang lancar, Mi Max 2 juga memberikan kualitas audio yang baik. Mi Max 2 dibekali dengan dua speaker stereo. Kedua speaker akan aktif ketika Anda gunakan pada mode landscape.

Baguskah hasil foto kamera Xiaomi Mi Max 2?


Kamera utama Xiaomi Mi Max 2 dibekali dengan sensor buatan Sony yaitu IMX386 dengan 1,25 micron piksel. Sensor Sony ini seperti yang dijumpai pada Mi 6. Aperture yang dimilikinya terbilang standar f/2.2 karena beberapa pesaing pada rentang harga yang sama menggunakan aperture f/1.9.

Aperture adalah bukaan lensa pada kamera. Semakin besar bukaan, semakin banyak cahaya yang bisa ditangkap lensa kamera.

Kamera Xiaomi Mi Max 2 beresolusi 12 MP. Untuk membantu pencahayaan pada situasi kurang cahaya, diberikan bekal dua LED Flash.


Aplikasi kamera tidak banyak berbeda seperti yang dijumpai pada beberapa produk Xiaomi. Untuk menentukan fokus secara manual, Anda dapat melakukannya dengan menyentuh layar. Tingkat kecerahan bisa Anda atur melalui slider. Sedangkan untuk mengambil foto secara cepat (bursts shots), Anda hanya perlu menekan tombol shutter beberapa saat (long press).

Kamera Xiaomi Mi Max 2 ketika digunakan pada siang hari mampu menghasilkan foto dengan detail dan warna yang baik. Namun menurut techradar.com, hasil foto pada malam hari kurang memuaskan. Gambar kurang detail dan terlihat banyak noise. Untuk mendapatkan fokus pada objek yang diinginkan terbilang sulit, sehingga foto menjadi blur.

Sementara kamera depan Xiaomi Mi Max 2 memiliki resolusi yang kurang mampu bersaing. Resolusi sebesar 5 MP yang dihasilkan cukup baik saat cukup cahaya. Ketika ruangan kurang cahaya, hasil foto menjadi kurang maksimal.

Seberapa awetkah baterai Xiaomi Mi Max 2?


Kapasitas baterai Xiaomi Mi Max 2 sangat besar, 5.300 mAh. Dengan kapasitas sebesar ini, Anda dapat melakukan pekerjaan harian seperti bersosial media, menonton Youtube dan bermain game selama 10 jam lamanya.

Dengan sistem manajemen power yang baik dan fitur penghemat baterai yang komplit, baterai Mi Max 2 mampu bertahan hingga 2 hari pada penggunaan normal.
Sementara jika pada kodisi standby, baterai Mi Max 2 sanggup menyuplai daya hingga lebih dari 5 hari.

Mi Max 2 sudah dibekali dengan teknologi pengisian baterai cepat (fast charging) Quick Charge 3.0 yang merupakan bawaan chipset Qualcomm. Untuk pengisian ulang selama satu jam, baterai smartphone ini bisa terisi hingga 68% lebih.

Ada yang menarik pada konektifitas Xiaomi Mi Max 2


Pertukaran data menjadi hal yang perlu difasilitasi pada sebuah smartphone. Xiaomi Mi Max 2 dibekali dengan WiFi 802.11 a/b/g/n/ac Dual Band, Wi-Fi Direct, DLNA, WiFi hotspot, Bluetooh v4.2 LE yang juga ramah konsumsi baterai, Wireless display, serta USB port type-C.

USB Type-C memang masih belum populer digunakan saat ini. Mi Max 2 sudah mendukung kemampuan untuk membaca flash disk. Namun, Anda harus membeli converter USB On The Go (USB OTG) karena tidak ada dalam paket pembelian.

Yang menarik adalah Mi Max 2 juga dibekali koneksi Infra Red. Sensor yang sempat populer beberapa tahun lalu ini kembali hadir pada Max 2. Infra Merah di Mi Max 2 ini lebih diperuntukan sebagai sensor untuk remote control.

Untuk urusan internet, Xiaomi Mi Max 2 mengakomodasinya dengan baik. Selain jaringan standar 2G/3G, smartphone ini juga telah mendukung network 4G LTE. Kedua slot SIM card mengakomodasi semua teknologi jaringan data tersebut.


Spesifikasi Xiaomi Mi Max 2

  • Dimensi: 174,1 x 88,7 x 7,6 mm; berat 211 gram
  • Jaringan: GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
  • Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors, 6.44 inches (~74.0% screen-to-body ratio)
  • Kamera Belakang: 12 MP, f/2.2, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash, 1/2.9" sensor size, 1.25 ┬Ám pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama, 2160p@30fps, 720p@120fps
  • Kamera Depan: 5 MP, f/2.0
  • Memori Internal: 16 GB
  • Memori Eksternal: hingga 128 GB
  • OS: Android 7.1.1 (Nougat)
  • Chipset: Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
  • Processor: Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 506
  • RAM: 4 GB
  • Sensor: Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Konektifitas:Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot; Bluetooth v4.2, A2DP, LE; A-GPS, GLONASS, BDS; micro USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, NFC, Infrared port.
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 5300 mAh battery

Kelebihan Xiaomi Mi Max 2

  • Desain terlihat premium dengan bahan.
  • Kamera belakang sanggup merekam video tidak hanya berkualitas 720p sebanyak 120 frame per detik, tetapi juga mampu merekam video 4K @30fps.
  • Pada sisi belakang terdapat sensor sidik jari. Sensor sidik jari sudah menjadi trend keberadaannya untuk smartphone kelas menengah. Anda bisa mendaftarkan hingga lima sidik jari berbeda. Pengaturannya pun cukup mudah. Di Mi Max 2, Anda bisa menemukan pengaturan fingerprint di tab ‘Lock screen & password’. Sensor ini penting untuk menjaga keamanan data dan aplikasi Anda.
  • Layar besar 6,44 inci membuat interaksi dengan Mi Max 2 terasa sangat lega. Gambar yang ditampilkan pun tajam dan menarik.
  • Xiaomi Mi Max 2 memiliki konektifitas lengkap. Konektifitas standar ditambah dengan NFC dan infra merah memberikan nilai tambah tersendiri.
  • Dapur pacu Xiaomi Mi Max 2 bekerja dengan apik, lancar dan tidak panas.
  • Baterai berkapasitas raksasa. Bertipe Li-Ion, kapasitas baterai 5300 mAh.

Kekurangan Xiaomi Mi Max 2

  • Kamera depan beresolusi 5 MP yang kurang dapat bersaing dan kurang dapat memenuhi kebutuhan selfie maupun live video.
  • Slot SIM 2 dan microSD berada pada satu tempat alias bertipe hybrid. Anda harus memilih untuk menambah SIM Card atau microSD.

Harga Xiaomi Mi Max 2

Xiaomi Mi Max 2 tepat untuk Anda yang membutuhkan layar yang lebar untuk lebih memberikan keleluasaan dalam bekerja. Mi Max 2 dirancang untuk mampu bekerja secara multitasking dan juga memberikan pengalaman menjalankan aplikasi berat seperti game HD.

Xiaomi di tanah air bergaransi distributor alias tidak memiliki garansi resmi. Untuk itu ada baiknya Anda memilih distributor yang terpercaya dan responsif memberikan tanggapan.

Xiaomi Mi Max 2 dijual dengan harga pada kisaran Rp 3.500.000. Pada rentang harga tiga jutaan, Mi Max 2 tidak memiliki pesaing dengan lebar layar yang sama.

Pesaing Xiaomi Mi Max 2

Samsung Galaxy J7 Max merupakan pesaing yang memiliki layar lebar, meski tidak selebar Mi Max 2. J7 Max membawa layar 5,7 inci. Smartphone besutan Samsung ini unggul di sektor kamera, dimana kamera depan dan belakang memiliki sensor masing-masing 13 MP. Demikian pula dengan prosesor Octa Core yang memiliki kecepatan 2,4 GHz.

Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi Max 2 yang kami lengkapi dengan spesifikasi serta harga terbaru Mi Max 2. Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda lebih mengenal Mi Max 2 dan lebih tepat menentukan pilihan akan smartphone yang Anda butuhkan.