Thursday, July 20, 2017

Harga HP Sony Xperia L1 Terbaru dan Spesifikasi

Xperia L1 merupakan generasi pertama smartphone Sony seri L. Setelah sebelumnya Sony mengeluarkan seri E yang ditujukan untuk pengguna pemula. Entah kenapa, Sony sepertinya menghentikan seri E dan kemudian beralih ke seri L untuk HP dengan kategori harga murah.

Brand Sony memang telah mendunia. Tidak ada yang menyangkal hal tersebut. Namun, persaingan membuat Sony pun ikut terjun membuat smartphone kelas bawah dan menengah alih-alih hanya fokus pada smartphone flagship. Berbekal ketenaran namanya, Sony memberikan perlawanan dengan meluncurkan Sony Xperia L1.


Untuk Anda yang ragu membeli smartphone produksi Tiongkok maupun lokal. Sony Xperia L1 bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat. Kenapa?

Ya, seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa Sony merupakan brand ternama. Service center dapat ditemui hampir di semua kota besar, kualitas smartphone yang dikeluarkannya pun terbukti tidak murahan dan harga jual kembalinya masih tergolong tinggi.

Lalu apa yang bisa Anda dapatkan melalui Sony Xperia L1?

Sony Xperia L1 menawarkan desain yang khas dan tidak dimiliki oleh smartphone keluaran vendor lain. Dengan sekali melihat, orang akan cepat mengenal bahwa smartphone yang Anda miliki adalah keluaran Sony.

Desain Sony Xperia L1 berbentuk kotak, dimana hampir tidak ada lengkungan pada keempat sudutnya. Desain terlihat kaku, namun inilah ciri khas Sony. Sekujur tubuhnya didesain menggunakan konsep Polycarbonate Loop Surface. Konsep seperti ini pertama kali ditemui pada Sony Xperia Seri X.


Desain Polycarbonate Loop Surface memungkinkan smartphone Sony dapat berdiri tegak karena bagian sisi atas dan bawahnya dibuat rata. Sementara pada keempat sudutnya dibuat sedikit melingkar secara simetris. Sedangkan bagian tepi dibuat melingkar kemudian ditutup oleh frame khusus sehingga terasa kokoh di tangan.

Sekilas desain Sony Xperia L1 terlihat seperti berbahan plastik. Namun sebenarnya yang digunakan adalah bahan polycarbinate. Bahan polycarbonate oleh Sony didesain agar tidak licin di tangan.

Bagaimana kualitas layar Sony Xperia L1?

Sony Xperia L1 menggunakan panel IPS LCD sebesar 5,5 inci yang menghasilkan resolusi HD 720p. Tingkat kecerahan yang dihasilkan panel ini mencapai 450 nits. Nilai ini sangat baik untuk smartphone dengan harga kelas menengah. FYI, nits adalah satuan kecerahan layar LCD. Semakin tinggi nilai nits, maka semakin cerah tampilan gambarnya.

Layar Sony Xperia L1 dilindungi oleh pelindung anti gores yang disebut dengan Scratch-resistant glass. Mungkin untuk meminimalkan harga, pelindung yang digunakan bukan Corning Gorilla Glass seperti pada smartphone sekelasnya. Scratch-resistant glass yang digunakan mampu melindungi dari goresan hingga 6 H.


Cukup baguskah kamera Sony Xperia L1 digunakan untuk selfie dan live video? 


Sudah bukan rahasia lagi bahwa sektor kamera menjadi salah satu faktor penarik minat konsumen smartphone. Trend selfie dan live video melalui berbagai media sosial membuat vendor HP terus mengembangkan spesifikasi kamera baik hardware maupun fiturnya.

Resolusi kamera depan Sony Xperia L1 kalah jika dibandingkan pesaing yang membubuhkan sensor hingga 13 MP. Kamera depan Sony Xperia L1 hanya beresolusi 5 MP. Kamera ini tidak mendapat dukungan LED Flash untuk membantu pencahayaan. Menurut gsmarena.com hasil foto selfie menggunakan kamera depan, tidak terlalu baik. Hasil foto memiliki warna yang bagus namun kurang detail.

Apa saja fitur kamera utama Sony Xperia L1?

Kamera utama Sony Xperia L1 tampil dengan fitur seperti layaknya kamera profesional. Resolusi 13 MP dioptimalkan dengan pengaturan ISO dan shutter speed. Anda bisa memilih pengaturan otomatis namun jika ingin eksplorasi kemampuan fotografi, Anda bisa memilih pengaturan manual.

Kecepatan buka tutup lensa atau shutter speed dapat Anda pilih dari 1/4000s hingga 1s. Sedangkan ISO dari 100 hingga 3200. Dengan pengaturan yang tepat Anda akan dapat mengambil gambar dengan hasil yang tetap terang meski dalam kondisi kurang cahaya dengan memilih shutter speed yang besar dipadukan dengan ISO yang besar pula.

Anda juga dapat memilih opsi lain seperti HDR untuk tetap mendapatkan hasil foto yang terang pada objek yang terkena bayangan. Tersedia fitur lain seperti exposure compensation, white balance dan manual focus slider.

Kelebihan Sony Xperia L1 pada sektor ini adalah kedua kamera mampu merekam video dengan resolusi yang sama yaitu 1080p@30fps. Kualitas suara yang terekam stereo sebesar 128Kbps.

Bagaimana kinerja dapur pacu Sony Xperia L1?

Sony Xperia L1 menggunakan chipset MT6737T dari MediaTek. Chipset ini banyak digunakan pada smartphone kelas bawah. Anda dapat menjumpainya pada Galaxy J2 Prime, Nokia 3, Huawei Y3 dan Y5. Chipset MT6737T merupakan pengembangan dari MT6737 dengan peningkatan CPU clock.

Prosesor Sony Xperia L1 berinti empat yang dapat dipacu hingga 1,45 GHz. Clock Speed tersebut hampir sama dengan yang ditanamkan pada Samsung Galaxy J3 Prime. Demikian pula dengan pengolah grafisnya yang menggunakan Mali-T720. Namun Sony Xperia L1 menggunakan yang versi yang lebih baik yaitu dual core Mali-T720MP2. MP2 menandakan penggunaan dual core. GPU yang digunakan terbilang lawas namun telah mendukung Open GL ES3.1.


Ruang simpan pada internal tersedia sebesar 16 GB yang dapat Anda perluas melalui slot eksternal hingga 256 GB. Slot SIM dan microSD terletak pada sisi kiri Sony Xperia L1.

Boroskah baterai Sony Xperia L1 dan apa saja pilihan konektifitasnya?

Baterai Sony Xperia L1 berkapasitas 2.620 mAh. Kapasitas baterai bertipe Li-Ion ini cukup bersaing di harga HP 2 jutaan. Pada Sony Xperia L1 baterai yang tidak dapat dilepas ini mampu melayani Anda selama hampir 10 jam untuk melalukan panggilan 3G. Hampir 8 jam untuk digunakan berselancar melalui browser dan 12 jam untuk menonton film. Sedangkan jika tidak digunakan, Sony Xperia L1 mampu aktif hingga 63 jam.

Sony Xperia L1 dibekali dengan dua slot SIM, meski Sony juga mengeluarkan L1 dengan satu SIM. Anda dapat berinternet melalui jaringan 4G kelas Cat.4 yang secara teoritis mampu mengunduh konten dengan kecepatan maksimal 150Mbps.

Kelebihan Sony Xperia L1 yang utama adalah adanya koneksi NFC yang jarang dijumpai pada HP pada rentang harga 2 jutaan. Selain itu juga telah menggunakan microUSB tipe C namun sayangnya hanya bisa digunakan untuk USB 2.0 sehingga kecepatan maksimal tranfer data hanya terbatas hingga 480Mbps.


Apa saja fitur unggulan Sony Xperia L1

Sony Xperia L1 telah menggunakan sistem operasi Nougat 7.0. Anda tidak akan menemukan pemindai sidik jari, inilah salah satu kekurangan Sony Xperia L1. Sebagai gantinya Sony dengan fitur Smart Lock yang memberikan pengunci keamanan berupa pendeteksi wajah, suara, lokasi dan perangkat tertentu. Smart Lock hanya bersifat kondisional sebagai alternatif untuk membuka kunci utama.

Sony memberikan sistem back-up data seperti pada seri Xperia terbaru. Sony Xperia L1 mampu menyimpan aplikasi, kontak, pesan dan pengaturan HP ke cloud atau ke memori internal ataupun memori eksternal. Penyimpanan data dapat dijadwalkan seperti pada saat smartphone terkoneksi WiFi atau sedang diisi daya.

Spesifikasi Sony Xperia L1

  • Dimensi: 151 x 74 x 8.7 mm, 180 gram
  • Jaringan: Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by), GSM / HSPA / LTE Cat.4
  • Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors, 5.5 inches, 720 x 1280 pixels (~267 ppi pixel density), Scratch-resistant glass (> 6H)
  • Kamera Belakang: 13 MP, f/2.2, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, 1080p@30fps
  • Kamera Depan: 5 MP, f/2.2, 24 mm ,1080p@30fps
  • Memori Internal: 16 GB
  • Memori Eksternal: hingga 256 GB
  • OS: Android 7.0 (Nougat)
  • Chipset: Mediatek MT6737T
  • Processor: Quad-core 1.45 GHz Cortex-A53
  • GPU: Mali-T720MP2
  • RAM: 2 GB
  • Sensor: accelerometer, proximity, compass
  • Konektifitas:Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot; Bluetooth v4.2 A2DP, LE, aptX; A-GPS, GLONASS, BDS; micro USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 2620 mAh battery

Kelebihan Sony Xperia L1

  • Desain Sony Xperia L1 khas dengan konsep Polycarbonate Loop Surface. Sony Xperia L1 nyaman digenggam dan dapat berdiri karena sisi atas dan bawahnya dibuat rata.
  • Tampilan layar Sony Xperia L1 sanggup tetap terlihat meski berada dibawah sinar matahari. Kecerahan layar yang mencapai 450 nits membuat smartphone ini tidak bisa dipandang sebelah mata jika dibandingkan dengan smartphone pada harga yang sama. Kerapatan piksel mencapai 267 ppi dengan resolusi HD 1080x720 piksel.
  • Kamera utama Sony Xperia L1 menyediakan banyak pilihan pada pengaturan manual. Anda bisa banyak mengeksplorasi kemampuan fotografi Anda dengan hasil foto 13 MP.
  • Baterai berkapasitas besar 2.620 mAh. Baterai berjenis Li-Ion ini mampu bertahan selama 12 jam saat digunakan menonton film. 
  • Konektifitas Sony Xperia L1 lengkap, dimana terdapat fitur NFC dan juga microUSB tipe C.
  • Sony Xperia L1 telah menggunakan sistem Android 7.0 Nougat meskipun bukan yang terbaru saat ini 7.1.1. Antar muka dibalut agar lebih interaktif dengan Xperia UI.


Kekurangan Sony Xperia L1

  • Sony Xperia L1 tergolong berat dan tebal dimana ketebalannya mencapai 8.7 mm dan berat 180 gram.
  • Slot eksternal bertipe hybrid, dimana Anda harus merelakan SIM 2 jika ingin menggunakan microSD Card.
  • Kamera depan beresolusi 5 MP yang relatif kalah jika dibandingkan dengan smartphone pesaing. Kamera belakang tidak ada fitur panorama.
  • Baterai Sony Xperia L1 termasuk boros jika dilihat dari waktu siaga yang hanya mencapai 63 jam.

 

Harga Sony Xperia L1

HP Sony Xperia L1 dibanderol dengan harga pada kisaran Rp 2.700.000. Dengan dana dua jutaan, Anda mendapatkan smartphone ternama, memiliki kamera utama dengan pengaturan manual yang bervariasi dan layar yang menampilkan gambar berkualitas.

Jika setelah membaca ulasan mengenai harga, spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Sony Xperia L1 masih membuat Anda bingung menentukan smartphone yang tepat untuk Anda. Ada baiknya Anda juga melihat smartphone pesaing dengan spesifikasi tertentu yang sama maupun harganya.


Pesaing Sony Xperia L1

Xiaomi Redmi Note 5 dengan harga yang relatif sama. Anda mendapatkan smartphone berprosesor Octa Core, RAM 3 GB, memori internal 32 GB, kamera depan 13 MP, kamera belakang 16 MP dan kapasitas baterai lebih besar 3.790 mAh.

Samsung Galaxy J3 Prime dengan harga yang relatif lebih murah. Anda mendapatkan spesifikasi yang hampir mirip dengan Sony Xperia L1. J3 Prime cocok untuk Anda yang masih mengutamakan smartphone keluaran vendor ternama. Meskipun beberapa spesifikasi J3 Prime lebih rendah daripada L1.

Demikian ulasan mengenai HP Sony Xperia L1 yang kami sertai dengan review kelebihan dan kekurangan. Semoga bermanfaat untuk Anda.