Sunday, July 30, 2017

Cara Mudah Memastikan File APK Aman

Keunggulan Android adalah banyak pengaturan yang bisa pengguna lakukan. Di sistem operasi Android Anda bisa melakukan eksperimen sesuka hati Anda. Berbeda jika menggunakan iPhone, untuk mendapatkan aplikasi harus melalui App Store atau melakukan jailbreak.

Di Android, Anda bisa memilih banyak aplikasi gratis dan berbayar. Bahkan jika Anda memiliki kemampuan membuat aplikasi, Anda pun bisa mendaftarkannya ke Google Playstore.

Lalu bagaimana jika aplikasi yang Anda inginkan tidak ada di Google Playstore? Ya, Anda bisa mendownload file APK dari aplikasi yang Anda inginkan. APK merupakan jenis file yang bisa diinstall pada Android.


Untuk dapat menginstall APK sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengaktifkan Unkown Sources di Privacy Settings lalu menyentuh APK tersebut untuk melakukan install.

Bagaimanapun juga menginstall aplikasi menggunakan APK terkadang beresiko. Menurut hasil penelitian tim keamanan Android dari gadgets.ndtv.com, pengguna APK beresiko 10 kali lebih besar jika dibandingkan dengan penggunaan aplikasi melalui Google Playstore.

Untuk menghidari resiko terinfeksi virus atau malware, sebaiknya Anda memastikan file APK layak diinstall. Untunglah ada cara mudah memastikan file APK aman.


1. Scan file APK menggunakan situs berikut ini: 

VirusTotal


Melalui virustotal.com memungkinkan Anda untuk mengecek keamanan file APK. File Android menduduki peringkat kelima terbanyak sebagai file yang paling sering di scan oleh VirusTotal. Namun sayangnya, besar file yang boleh di upload untuk di scan tidak boleh lebih dari 128MB. Sehingga untuk APK yang besar seperti game misalnya, tidak dapat menggunakan layanan ini.

Berikut langkah scan APK menggunakan VirusTotal
  1. Buka situs virustotal.com.
  2. Pilih Choose File maka akan muncul kotak dialog dimana Anda dapat memilih file APK yang ingin Anda pastikan keamanannya.
  3. Kemudian klik Scan It untuk mendapatkan informasi tentang file Anda.

NViso ApkScan



Alat lain yang sejenis dengan VirusTotal adalah NViso ApkScan. Menariknya, NViso ApkScan tidak membatasi besarnya file yang bisa di scan. Beberapa forum merekomendasikan situs ini karena bekerja dengan cepat dan mudah.

Berikut langkah mudah scan APK mengunakan NViso ApkScan
  1. Buka situs apkscan.nviso.be
  2. Drag kemudian drop file APK yang ingin Anda scan.
  3. Klik pada Scan Package
Kelebihan NViso ApkScan adalah Anda dapat meminta agar hasil scan di email ke Anda. Jadi Anda tidak perlu menunggu lama hingga proses scan selesai. Selain kepastian aman atau tidaknya file APK, Anda akan mendapatkan informasi penting lain seperti ijin akses yang aplikasi butuhkan ketika menginstal, informasi umum seperti MD5 dan SHA256 hashes.


2. Mengecek Hash

Salah satu cara untuk menentukan keamanan APK adalah dengan mengecek hash. Hash merupakan fingerprint digital dari sebuah APK. Jika SHA dari sebuah developer sama dengan SHA di file APK Anda, maka bisa dipastikan APK Anda aman diinstall.

Berikut cara mengecek hash
  1. Install Hash Droid dari Google Play
  2. Pilih Hash a File
  3. Pada Select a Hash Function pilih SHA-256
  4. Pilih APK yang ingin Anda cek
  5. Tekan Calculate
Demikian cara mudah mengecek file APK aman untuk diinstall pada Android. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sumber: gadgets.ndtv.com