Saturday, July 29, 2017

Cara Mengatasi Google Playstore Yang Error

Google Playstore adalah aplikasi bawaan yang sudah pasti harus ada pada smartphone Android. Bahkan pada awal Anda untuk pertama kalinya mengaktifkan HP saat baru saja membeli, Anda diminta mendaftarkan akun google untuk dapat mengakses Playstore.

Kegunaan Playstore salah satunya untuk mendownload berbagai aplikasi yang tersedia. Aplikasi yang ditawarkan ada yang gratis ada pula yang berbayar. Inilah keunggulan smartphone Android. Kegunaan HP sekedar untuk telepon dan SMS seperti layaknya featured phone sudah tidak berlaku lagi.

Aplikasi yang tersedia di Playstore lebih aman diinstall daripada Anda harus mengambil apk tertentu dari situs tertentu. Inilah keunggulan Playstore karena semua aplikasi yang masuk dijamin aman dari malware atau virus.



Akan tetapi, terkadang Google Playstore mengalami error. Error yang terjadi karena layanan / service terhenti, Google Play tidak bisa mendownload dan masih banyak pesan kesalahan saat Anda hendak menggunakan Playstore.

Kejadian ini membuat frustasi sebagian pengguna Android karena tidak tahu cara mengatasi Google Playstore yang error. Karena itu, disini akan diulas tips mengatasi Google Playstore yang bermasalah. Anda hanya perlu mengikuti salah satu langkah dibawah ini sampai permasalah Anda terpecahkan.

Perlu Anda ketahui bahwa cara-cara mengatasi permasalah Playstore ini bisa juga untuk digunakan sebagai cara memperbaiki play store kesalahan server, cara memperbaiki playstore yang tidak bisa mendownload, cara memperbaiki play store error tidak ada sambungan dan cara memperbaiki play store kesalahan server.

1. Clear Data dan Cache

  • Masuk ke Setting - Application - Manage Applications lalu pilih All.
  • Cari aplikasi Google Play Store dan tekan pada tombol Clear Data. Tekan Yes untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.
  • Kemudian sentuh Clear Cache dan tekan Yes untuk mengkonfirmasi.
  • Terakhir tekan Uninstall Updates lalu pilih Yes.
  • Lakukan pula langkah serupa pada Download Manager.

2. Periksa Ketersediaan Ruang kosong

  • Masuk ke Setting - Battery and Storage - Storage
  • Periksa ruang kosong yang tersisa pada memori internal dan microSD. Jika kurang tersedia ruang, cobalah untuk menghapus atau memindahkan beberapa file. Cara ini cocok untuk mengatasi playstore yang tidak bisa mendownload.



3. Uji Koneksi

Memakai Wi-Fi bisa menjadi salah satu penyebab Anda tidak bisa mendownload aplikasi melalui Plyastore. Jika Anda menggunakan internet dari Wi-Fi, pastikan untuk memeriksa port TCP dan UDP nomor 5228 yang merupakan port untuk mengakses Play Store. Jika port tersebut ditutup, maka Anda tentu tidak bisa mendownload aplikasi apapun dari jaringan yang sama.

Cara termudah untuk mengetahui apakah jaringan Wi-Fi yang Anda pakai memblokir akses download dari Play Store tentu saja dengan cara mencoba mendownload aplikasi serupa melalui jaringan data operator. Bila jaringan Wi-Fi yang dipakai tidak bisa mendownload aplikasi apapun sedangkan ketika dicoba melalui jalur data operator bisa, maka Anda sebaiknya mencari area hotspot lain.

4. Lakukan Instalasi Google Play Store Baru

Jika uji koneksi dan berbagai cara di atas tidak juga membuahkan hasil dan Anda tetap mendapatkan pesan error ketika mendownload aplikasi tertentu, maka Anda dapat melakukan instalasi Play Store baru. Anda dapat mendownload APK Google Playstore dari PC atau laptop. Anda bisa mencari link downloadnya melalui hasil pencarian di google search.



5. Factory Reset

Pilihan terakhir jika  keempat langkah di atas tidak berhasil, Anda dapat melakukan factory reset. Perlu Anda ketahui bahwa dengan factory reset akan membuat semua data yang tersimpan dalam HP Android Anda akan terhapus.

Lakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset. Berikut cara melakukan factory reset:
  • Masuk ke Setting - Accounts & Sync lalu beri tanda centang Background Data dan Auto-Sync.
  • Jangan lupa pilih Akun Gmail Anda dan beri tanda centang Sync Contacts.
  • Masuk ke Settings - Privacy lalu beri tanda centang Back Up My Data serta Automatic Restore.
Demikian cara memperbaiki Google Playstore yang bermasalah, semoga bermanfaat untuk Anda.