Friday, July 28, 2017

Cara Mempercepat Kinerja HP Android Tanpa Aplikasi

Perangkat Android dalam bentuk smartphone maupun tablet perlu dirawat. Jenis perawatan salah satunya untuk menjaga kinerja tetap lancar dan stabil layaknya saat perangkat Android baru dibeli.

Kecenderungan kita dalam menggunakan perangkat Android adalah suka mecoba aplikasi-aplikasi baru yang menarik atau sedang trend. Hal ini bisa berdampak pada kemampuan kinerja gadget Anda menjadi merosot.

Penyimpanan file yang terlalu memenuhi ruang simpan bisa menjadi salah satu penyebabnya. Meski Anda sudah menambahkan microSD melalui slot eksternal, terkadang cara ini belum juga mampu mempercepat kinerja perangkat Android anda.

Jika Anda ingin membuat HP atau tablet Anda tetap dalam kondisi prima namun tidak ingin melakukan root. Anda datang pada situs yang tepat karena pada artikel ini akan dijabarkan cara meringankan kinerja android tanpa root dan tanpa aplikasi tambahan.


Langkah-langkah memperepat kinerja HP, tablet Android

Kenali spesifikasi perangkat Android Anda.

Keingintahuan akan aplikasi baru sehingga Anda menginstalnya adalah tindakan yang wajar. Namun tahukan Anda, bahwa tidak semua aplikasi cocok untuk gadget Anda. Yang perlu Anda perhatikan adalah spesifikasi HP atau tablet Anda.

Aplikasi game berbasis HD tentu tidak cocok diinstal pada perangkat Android berspesifikasi rendah bahkan mungkin menegah sekalipu. Aplikasi yang banyak menampilkan iklan juga berpotensi membuat gadget Anda menderita kelelahan. Pilihlah aplikasi yang tidak memaksa HP Anda bekerja terlalu berat.


Perbarui sistem operasi Anda.

Tidak dapat dipungkiri bahwa memperbarui sistem operasi merupakan salah satu cara meringankan kinerja perangkat Android Anda. Namun sayangnya tidak semua vendor menyediakan update sistem operasi secara resmi.

Salah satu vendor yang menyediakan update software secara berkala adalah Oppo. Meski tidak semua didukung upgrade sistem operasi ke versi Android terbaru, namun Oppo secara konsisten meluncurkan update software guna memperbaiki bug tertentu.


Install aplikasi seperlunya

Seperti yang telah disiggung sebelumnya bahwa banyaknya aplikasi pun bisa memperlambat kinerja gadget Android. Alangkah baiknya jika Anda menginstall aplikasi yang menurut Anda perlu saja, karena dapat membebani kinerja RAM dan membuat perangkat Android Anda menjadi lelet.

Matikan aplikasi yang tidak terpakai

Cara kerja kita yang biasa membuka aplikasi secara bersamaan dapat membebani kinerja RAM. Meski pada satu saat Anda tidak berinteraksi dengan semua aplikasi sekaligus. Inilah salah satu alasan kenapa HP Anda sering lag dan lambat.

Pada tombol multitasking Anda akan dapat melihat aplikasi yang sedang berjalan di background. Sebaiknya Anda secara berkala mematikan aplikasi yang sudah tidak dipakai lagi. Langkah mudahnya Anda dapat menggunakan aplikasi clear memory yang biasanya sudah terpasang dari pabrikannya.

Gunakan widget seperlunya

Widget ini tak hanya jalan jika digunakan saja, namun akan selalu jalan di background walaupun smartphone tersebut dalam keadaan diam. Cara kerjanya pun sama seperti pemangkas space RAM, maka dari itu apabila anda menempelkan widget yang tidak perlu misal “qick access” di konfigurasi seperti wifi, Perangkat Bluetooth, maupun GPS, maka alangkah baiknya anda menghapusnya saja.


Pakailah microSD Card yang memiliki kecepatan tinggi


Memilih microSD Card alangkah baiknya tidak hanya faktor harga yang Anda pertimbangkan. FYI, microSD Card pun terbagi menjadi beberapa kelas. Kelas-kelas tersebut salah satunya mengisyaratkan kecepatan read dan write. Kecepatan ini berpengaruh pada kinerja perangkat Android Anda.

Demikian ulasan bagaimana cara mempercepat kinerja HP, tablet, dan perangkat Android Anda lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.