Saturday, May 6, 2017

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy C9 Pro

Aktifitas selfie menggunakan kamera depan sudah menjadi kegiatan yang biasa dilakukan. Populernya penggunaan media sosial membutuhkan perangkat yang semakin canggih untuk mendukung kebutuhan selfie.

Vendor perangkat Android saat ini berlomba-lomba mengembangkan kamera depan yang canggih. Tidak hanya resolusi tinggi yang diutamakan, namun juga fitur-fitur pendukung selfie tidak luput dikembangkan. Beberapa smartphone malah menambahkan aplikasi editing untuk membuat selfie lebih maksimal.

Samsung tidak ingin ketinggalan dalam berunjuk gigi menciptakan kamera selfie. Gempuran smartphone murah dari dalam negeri dan Tiongkok dengan tagline smartphone selfie membuat barisan vendor terkemuka menyusun strategi jitu. Samsung Galaxy C9 Pro menjadi andalan vendor asal Korea Selatan di kelas menengah yang seakan tidak perduli dengan saingan smartphone selfie murah.

Setelah menyambangi India, kini giliran Indonesia bisa mencicipi kecanggihan Samsung Galaxy C9 Pro. Layar 6 inch tentu menjadi pilihan bagi pengguna smartphone yang kurang puas dengan smartphone selfie lain yang memiliki layar lebih kecil. Samsung pun memberikan "kunci rahasia" berupa perangkat deteksi sidik jari untuk membantu pengamanan.

Segudang kelebihan Samsung Galaxy C9 Pro yang menggiurkan tentunya sebanding dengan harganya. Namun Samsung Galaxy C9 Pro tidak luput pula dari kekurangan. Bisa jadi bagi sebagian orang harga yang mahal salah satu penyumbang point kekurangan tersebut. Karena smartphone lain dengan hardware dan fitur yang sama bisa didapatkan dengan harga lebih murah.

Membaca review kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy C9 Pro bisa menjadi salah satu masukan penting buat Anda sebelum menjatuhkan pilihan ketika akan membeli smartphone. Pertimbangan akan kebutuhan dan harga pun sebaiknya Anda putuskan secara bijak. Untuk itu melalui artikel ini, semoga Anda dapat semakin mantap menentukan pilihan.

Kelebihan Samsung Galaxy C9 Pro


Galaxy C9 Pro dibungkus dengan desain yang tidak jauh berbeda dengan seri lain dari Samsung. Pada sisi depan dibalutkan bodi alumunium berlapis kaca sedangkan pada sisi belakang diberi metal alumunium dengan sentuhan warna hitam matte. Material ini memberikan kesan kesat sehingga mendukung kenyamanan pengoperasian Anda.

Pada sisi bawah layar terdapat tombol home yang menjadi satu dengan pemindai sidik jari. Selain untuk digunakan membuka lockscreen, Anda juga dapat mendaftarkan sidik jari untuk menjadikannya sebagai akses membuka folder tertentu. Sensor sidik jari Samsung Galaxy C9 Pro mampu menyimpan tiga sidik jari sekaligus.


Layar Samsung Galaxy C9 Pro membentang sepanjang 6 inch secara diagonal. Jenis panel layar yang digunakan adalah Super AMOLED yang menyajikan resolusi hingga 1080p. Jenis layar ini banyak dipakai Samsung dan terbukti mampu menghadirkan ketajaman warna dan menyamankan mata.

Layar besar sudah oke, sayang donk kalau layar mewahnya mudah tergores. Di Samsung Galaxy C9 Pro ini, Anda tidak perlu kuatir mengenai hal itu, karena lapisan Corning Gorilla Glass telah membungkus aman layar kece ini.

Apalah artinya mewah tapi kurang fitur. Makanya Samsung membekali C9 Pro dengan beragam fitur unggulan. Guna memastikan kenyamanan mata saat menatap layar dalam jangka waktu lama. Disediakan tiga mode layar untuk mengatur rentang warna, saturasi dan ketajaman yang disesuaikan untuk penggunaan.

Masih kurang fitur layarnya? Masih ada fitur untuk mengaktifkan filter cahaya biru agar mata tidak mudah lelah. Jika dipadukan dengan fitur Smart Stay untuk memilih besar kecilnya huruf tentunya C9 Pro lebih membantu Anda membaca ebook dengan lebih nyaman. Keep screen turned off juga turut disematkan agar layar tidak menyala saat dimasukkan dalam saku.

Layar yang lebar cenderung menyulitkan untuk dioperasikan dengan satu tangan. Untuk mengatasi hal ini, Samsung memberikan mode operasi satu tangan. Sedangkan fitur gesture yang dijejalkan pada pengaturan fitur lainnya memungkinkan Anda untuk menjalankan fungsi tertentu cukup dengan melakukan gerakan sederhana.

Samsung Galaxy C9 Pro merupakan smartphone selfie. Jadi tidak lengkap rasanya jika informasi mengenai kecanggihan kamera depan tidak diulas mendalam.

Seperti yang dijumpai pada Oppo F3 Plus, kamera depan C9 Pro memiliki kemampuan untuk melakukan wide selfie. Apa yang dimaksud dengan wide selfie? Wide selfie adalah fitur yang memungkinkan kamera untuk memberi sudut pandang yang lebih luas sehingga lebih banyak obyek yang ditangkap oleh kamera. Fitur ini cocok digunakan untuk wefie yaitu selfie dengan banyak orang.

Kamera depan C9 Pro memiliki nilai apperture f/1.9. Nilai apperture ini sama sama dengan yang diadopsi oleh kamera belakang. Berdasarkan teori fotografi, semakin tinggi nilai apperture cahaya yang masuk kedalam lensa semakin besar. Dipadukan dengan sensor yang beresolusi sebesar 16MP membuat kamera depan semakin menakjubkan.

Kombinasi kamera dengan resolusi tinggi dan apperture lebar tentu akan menghasilkan foto dengan pencahayaan yang lebih bagus. Meski tidak dibekali dengan LED flash di bagian depan, Samsung juga menyematkan fitur autoflash yang akan membuat layar perangkat bersinar terang guna membantu pencahayaan. Fitur serupa juga dapat pengguna temui pada smartphone buatan vendor negeri tirai bambu dengan sebutan Screen Flash.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa kamera belakang juga dibekali dengan nilai apperture f/1.9. Demikian juga dengan resolusi foto yang dihasilkannya sama dengan kamera depan yaitu 16MP. Bedanya kamera belakang dilengkapi dengan LED Flash.

Desain, layar dan kamera Samsung Galaxy C9 Pro sudah keren, lalu bagaimana dengan kinerjanya? Dapur pacu dirancang dengan sungguh-sungguh, prosesor dipercayakan kepada Octa Core Qualcomm Snapdragon 635, C9 Pro memanfaatkan sepasang inti berkecepatan 4x1.95GHz Cortex-A72 dan 4x1.4GHz Cortex-A53.

Agar performanya dapat melaju kencang, Samsung membekalinya dengan RAM berkapasitas 6GB yang disandingkan dengan ruang penyimpanan sebesar 64GB. Jika dirasa kurang, Samsung bahkan menyediakan slot khusus kartu microSD yang dapat menampung kapasitas hingga seluas 256GB.

Kelebihan Samsung Galaxy C9 Pro selanjutnya terletak pada jaringan data pada kedua SIM telah sama-sama mendukung jaringan 4G yang bisa pengguna atur secara bergantian. Slot kedua kartu ditempatkan terpisah dengan microSD. Jadi Anda tidak perlu mengorbankan slot kedua untuk microSD seperti pada beberapa smartphone.


Konektivitas lainnya juga turut tersedia dengan disertakannya Bluetooth versi 4.2. Perangkat ini juga telah dibenamkan chip NFC yang dapat digunakan untuk bertukar data via Android Beam atau Android Pay yang sangat disayangkan belum dapat digunakan di Indonesia.

Jika Anda ingin mentransfer data dengan lebih cepat, maka Anda dapat menggunakan fitur Wi-Fi direct. Dukungan layanan navigasi lokasi juga ikut disiapkan dengan hadirnya GPS yang telah disokong A-GPS, Glonass/BDS dengan tingkat akurasiyang baik.

Samsung menyediakan baterai dengan kapasitas 4.000 mAh yang telah dijejali pula dengan fitur penghemat baterai. Ada dua opsi penghematan baterai yang bisa Anda pilih yakni MID dan MAX.  Pengguna dapat melihat dengan rinci pengurangan konsumsi daya apa saja yang bakal dilakukan oleh perangkat cukup dengan mengetuk opsi tersebut sebelum mengaktifkannya.

Kekurangan Samsung Galaxy C9 Pro


Kemudahan transfer data tentu menjadi salah satu hal yang patut dipertimbangkan. Meski C9 Pro mampu melakukan pertukaran data langsung dari flashdisk namun sayangnya dalam paket penjualannya tidak disertakan adapter USB OTG.

Samsung Galaxy C9 Pro dibanderol dengan harga pada kisaran Rp 6.999.0000. Salah satu kelebihannya adalah pada kamera depan yang cocok digunakan untuk selfie. Namun berbeda dengan kompetitor yang membenamkan LED flash untuk membantu pencahayaan. Samsung hanya mempercayakan penyempurnaan cahaya hanya pada fitur autoflash dari layar.

Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy C9 Pro, semoga bermanfaat untuk Anda dalam menentukan smartphone yang ingin Anda beli sesuai dengan kebutuhan. 

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy C9 Pro Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ardi Santoso

0 komentar:

Post a Comment