Saturday, May 6, 2017

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A39

Kebutuhan selfie menjadi penting di era saat ini untuk dipenuhi lewat perangkat seluler. Gaya hidup dan keberadaan sosial media menjadi salah satu faktor yang dominan menaikkan aktifitas selfie seakan sebagai kebutuhan utama.

Trend selfie inilah yang membuat vendor smartphone dari seluruh belahan dunia berkompetisi menghadirkan smartphone selfie. Tidak ketinggalan Oppo, vendor asal Tiongkok ini sudah sejak awal konsisten menghadirkan kecanggihan kamera depan.


Oppo A39 mengusung tagline Unstoppable Selfies. Dari sini Anda pasti memiliki ekpektasi tersendiri karea Oppo mengklaim kelebihan Oppo A39 adalah pada kamera depannya. Untuk itu ada baiknya Anda menyimak uraian kelebihan dan kekurangan Oppo A39 sebelum memutuskan untuk menentukan pilihan dalam membeli smartphone. 

Kelebihan Oppo A39


Oppo A39 merupakan smartphone kelas menengah yang menawarkan kamera selfie. Secara fisik Oppo A39 mirip dengan Oppo F1s sehingga terkesan premium. Kualitas yang digunakan pada bodinya juga sama, yaitu magnesium aluminium alloy.

Tidak seperti Oppo R7 Lite yang mengusung konsep hybrid untuk slot SIM dan microSDnya. Oppo A39 menghadirkan trend baru yakni Triple-slot Tray. Dimana terdapat dua slot SIM card dan satu slot microSD yang terpisah dalam satu baki. Dengan konsep ini, Anda tidak perlu mengorbankan slot kedua untuk microSD card.


Beberapa kompetitor direntang harga yang sama hanya mengakomodasi satu slot SIM card yang mampu menjangkau jaringan 4G. Berbeda dengan Oppo A39 yang melalui kedua SIM card, Anda dapat berselancar di dunia maya di jaringan 4G. Tentunya Anda hanya salah satu SIM card saja yang dapat diaktifkan dalam waktu bersamaan.

Urusan jaringan dan koneksi, OPPO A39 terbilang lumayan komplit. Untuk urusan bertukar data, Anda dapat memilih menggunakan Bluetooth 4.0, WiFi 2.4/5GHz 802.11 a/b/g/n dan GPS sudah lebih dari cukup untuk ukuran smartphone mid-end.

Antarmuka Oppo memang sangat memanjakan bagi yang pernah memiliki smartphone besutan negeri tirai bambu ini. Pasalnya antarmuka modifikasi  dari Android Lollipop 5.1 yang dikenal dengan sebutan ColorOS 3.0 ini, mampu menghasilkan antarmuka yang sederhana dan bersih. Layar elegan selebar 5.2 inch ini makin ciamik dengan resolusi HD.


Layar sudah keren apa jadinya jika mudah tergores. Kemilau layar tentu menjadi mudah kusam. Untungnya Oppo A39 sudah dilapisi Corning Gorila Glass.

ColorOS 3.0 mampu menghadirkan tingkat responsibilitas yang lebih baik, lancar, performa efisien bahkan tidak memberatkan konsumsi memori. Proses booting pun terbilang cepat tanpa kendala berarti.

Bagi Anda yang belum terbiasa dengan antarmuka Oppo, Anda mungkin akan merasa canggung pada awalnya. Hal ini karena antarmuka ColorOS 3.0 sedikit berbeda dibandingkan dengan antarmuka Android standar, dimana deretan ikon menu sudah tampil di depan atau menjadi bagian dari homescreen.

Sektor kamera sudah tentu menjadi salah satu alasan pengguna smartphone memilih Oppo. Sudah sejak awal kehadirannya Oppo seolah telah membranding dirinya sebagai camera phone. Demikian juga di seri A39.

Kamera utama disisipi oleh sensor 13MP dan disokong 1.12µm dengan sensor 1/3.06 inch yang mampu memaksimalkan serapan cahaya yang masuk saat foto. Untuk di kondisi cahaya redup, mode HDR kamera ponsel ini mampu berkontribusi dengan baik mengatur tambahan cahaya.

Tak hanya itu, kelebihan kamera utama Oppo A39 pun disokong beragam filter dan pattern keren yang bisa diterapkan untuk membuat hasil foto terlihat lebih unik. Anda juga bisa berkreasi dengan mode kamera seperti Double Exposure, Time Lapse bahkan opsi Ultra-HD yang memungkinkan membuat foto dengan resolusi setara 50MP. Bagi yang ingin mengasah kemampuan fotografi, bisa menjajal mode ‘Expert’ lewat pengaturan manualnya.

Bukan smartphone selfie tentunya jika kamera depan tidak canggih. Resolusi 5MP memang idak cukup istimewa jika dibandingkan dengan banyaknya smartphone merk lain yang menawarkan resolusi lebih tinggi. Namun jangan memandang remeh kualitas kamera Oppo.

Oppo sudah menjejalkan kamera depan dengan piksel 1.4µm dengan sensor ¼ inci. Lewat teknologi ini, tingkat sensitifitas cahaya yang ditangkap kamera jadi cukup tinggi, mampu mengurangi noise dan hasil foto selfienya jadi terlihat keren. Detil fotonya pun cukup tajam, dengan warna yang natural.

Untuk menunjang performanya dalam menjalankan berbagai aplikasi, A39 dibekali prosesor MediaTek MT6570 64 bit Octa-core 1.5GHz 64-bit. Tidak ketinggalan disediakan RAM sebesar 3GB yang turut mendukung kinerja. Kapasitas RAM sebesar ini menjadi kelebihan Oppo A39 yang nampaknya akan semakin menunjang penjualan smartphone ini.

Sementara itu untuk menyimpan berbagai macam file, Oppo menyediakan ruang memori internal sebesar 32GB. Serta tambahan memori eksternal MicroSD hingga 256 GB.

OPPO A39 disokong baterai berjenis Lithium Polymer dengan kapasitas 2900 mAh. Meski terbilang standar, namun sokongan teknologi smart power optimization yang dimiliki ponsel ini, konsumsi baterai diklaim bisa direduksi hingga 35%. 

Kekurangan Oppo A39


Sebagai smartphone selfie, Oppo A39 dirasa kurang di kamera depan karena tidak didukung oleh LED flash. Adanya fitur Screen Flash pun tidak cukup efektif menerangi foto selfie. Untungnya fitur Beauty cukup membantu memaksimalkan hasil foto.

Harga Oppo A39 memang relatif dirasa mahal. Oppo A39 dibanderol dengan harga pada kisaran Rp 2.799.000. Smartphone alternatif dibawah rentang harga ini adalah Xiaomi M4i dan Asus Zenfone 2 yang menawarkan resolusi kamera depan dan belakang yang sama.

Demikian ulasan kelebihan dan kekurangan Oppo A39, semoga bermanfaat untuk Anda. Sesuaikan smartphone Anda dengan kebutuhan dan budget Anda.