Saturday, March 18, 2017

Kehadiran Alat Ini Sudah Tergantikan Oleh Smartphone

Kehadiran ponsel pintar atau smartphone tak lepas dari peran teknologi-teknologi terdahulu yang pernah ada di dunia. Teknologi yang dahulu menjadi tren tapi kini dipandang sebelah mata. Meski begitu, teknologi tersebut pernah merebut pasar dunia.

Konsumen gadget pernah merasakan indahnya berinteraksi dengan gadget canggih pada masanya. Beberapa gadget menjadi sangat digemari dan digunakan oleh hampir separuh konsumen di dunia.
Kehadirannya memberikan solusi kepada masyarakat untuk melakukan berbagai hal dengan lebih mudah. Namun kini, gadget-gadget lawas bahkan tidak mendapatkan tempat di hati para konsumen di dunia.

Fenomena ini lantas terjadi karena adanya gadget terbaru yang menggantikan peran dan teknologi perangkat gawai terdahulu. Salah satunya adalah kehadiran ponsel pintar atau smartphone.

Sumber gambar: droidlime.com

Hadirnya perangkat telekomunikasi ini secara tidak langsung sudah mengganti posisi dan fungsi beberapa gadget lawas yang pernah ada di dunia. Meskipun utamanya hanya digunakan sebagai peralatan telekomunikasi, ponsel pintar mampu mengakomodir berbagai fungsi dan peranan perangkat teknologi lainnya, yang pernah eksis di masa lalu. Bahkan saat ini kamu dapat mencetak tulisan melalui ponsel pintar.

Jika kamu adalah pengamat teknologi, atau pengguna teknologi sejak zaman dahulu, maka kamu tentu sepakat akan hal ini. Berbagai kemudahan kini hadir hanya dari sebuah ponsel pintar.
Hanya dengan memiliki paket internet atau pulsa yang tersedia di ponsel, maka kini semua pengguna perangkat ini bisa merasakan teknologi dari sebuah genggaman. Jaringan internet dengan kualitas prima sangat penting agar pengalaman berkomunikasi bisa tercipta maksimal.

Telkomsel adalah salah satu operator telekomunikasi yang bisa memberikan jaringan internet berkualitas di negeri ini. Banyaknya menara pemancar yang dimiliki operator ini, membuat sinyal internet Telkomsel sangat bagus. Selain itu, pembelian saldo atau paket data internet operator ini juga dilakukan dengan sangat mudah secara online, seperti di aplikasi terbaru Traveloka.

Sumber gambar: blog.telkomsel.com

Jika semua ‘alat perang’ untuk smartphone sudah tersedia, maka kamu bisa melakukan berbagai aktivitas yang di gawai ini. Namun, kira-kira teknologi apa saja yang berhasil digantikan oleh sebuah ponsel pintar? Yuk, baca ulasan singkatnya berikut ini:
  • Alat penyimpan dan pemutar musik
    Kaset merupakan sebuah benda yang mampu menyimpan suara atau musik dalam jumlah yang banyak. Kehadirannya memudahkan banyak orang menikmati musik secara menyeluruh. Pasca belasan tahun kehadirannya, kaset sempat digantikan oleh kehadiran compact disc (CD) untuk menyimpan data suara atau musik.

    Penggunaan kaset dan CD tak lengkap tanpa adanya pemutar musik. Dahulu, Walkman, perangkat pemutar kaset besutan Sony sejak 1979, sempat mencuri perhatian masyarakat dunia. Benda ini mampu membantu penggunanya untuk mendengarkan musik dengan membawanya kemanapun mereka berada.

    Kini Walkman, CD, kaset atau CD player sudah tergantikan dengan adanya kapasitas memori yang besar pada smartphone. Pengguna smartphone bisa menyimpan banyak musik dan suara dan memutarnya dalam sekali waktu. Pengguna hanya perlu menyimpan ponsel di dalam saku dan mendengarkan musik setiap saat.  
  • Game Boy
    Jika kamu lahir di era tahun ’80 hingga ’90-an, tentu kamu tidak asing dengan benda ini. Perangkat ini pertama kali diciptakan oleh perusahaan permainan Nintendo pada 1989.

    Kehadiran teknologi ini memudahkan penggunanya untuk menikmati berbagai permainan yang tersedia di dalamnya. Tetris, Super Mario, Pokemon atau The Blues Brothers adalah beberapa permainan yang bisa dimainkan di Game Boy.

    Kini dengan memiliki ponsel pintar, kamu bisa mengunduh berbagai permainan tersebut dengan mudah. Nyalakan paket internet dan unduhlah permainan yang kamu inginkan dari layanan Apple Store atau Google Store. 
  • Disket
    Benda ini sangat penting fungsinya untuk menyimpan data digital. Meski membantu, disket hanya mampu menyimpan data dengan kapasitas yang tidak terlalu besar. Penggunaan benda ini tidak maksimal untuk menyimpan berbagai data dalam jumlah yang sangat besar.

    Teknologi disket kemudian berganti menjadi benda yang lebih kecil dan mudah dibawa. Salah satunya adalah CD, DVD, flash disk hingga hard disk. Kapasitas yang besar membuat benda-benda ini menjadi semakin digemari penggunaannya hingga saat ini.

    Namun, tak hanya benda-benda tersebut, kehadiran smartphone juga telah menggantikan fungsi disket. Dengan mengandalkan smartphone, kini kamu bisa menyimpan banyak data seperti foto, dokumen, atau lagu dengan mudah dan efisien. Apalagi kini muncul teknologi ‘awan digital’ (cloud) yang membuat data tersimpan dengan aman, tanpa perlu memakan memori ponsel.

Kehadiran Alat Ini Sudah Tergantikan Oleh Smartphone Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ardi Santoso

0 komentar:

Post a Comment