Saturday, November 2, 2013

Acer Liquid S1 - Kelebihan dan Kekurangan


Acer yang adalah vendor PC ternama kembali merambah dunia telekomunikasi smartphone dengan mengeluarkan Acer Liquid S1. Kini Acer mencoba peruntungannya pada kelas menengah dengan mengusung phablet dengan lebar layar 5.7 ich.

Diperkuat dengan prosesor quad-core dan Android Jelly Bean serta berkemampuan dual SIM GSM, layakkah Liquid S1 dibanderol dengan harga 4 juta? Simak ulasan kami berikut.

Acer Liquid S1




Desain

Dimensi 163 x 83 x  9,6 mm dan berat 195 gr
Desain Acer Liquid S1 tidak mengusung konsep unibody, artinya baterai dapat secara mudah Anda bongkar pasang sewaktu-waktu. Ciri besutan Acer kental terasa ketika melihat bagian depan. Di atas logo Acer terdapat lengkungan khas yang sebelumnya dapat dijumpai juga pada Liquid E2 Duo.

Meski berdimensi besar untungnya phablet ini dibungkus dengan material plastik matte yang melengkung mengikuti genggaman tangan dan tidak licin. Ketebalan body phablet ini terbilang minim, yakni dibawah 10 mm, dan bobotnya pun masih terbilang ergonomis untuk kelas phablet.

Pada bagian depan atas terdapat lensa kamera sekuder, lubang earpiece, dan sensor cahaya/proximity. Sementara pada bagia depan bawah terdapat 3 tombol touchpad yaitu back, home dan recent menu/app. 

Posisi audio jack 3.5 mm berada pada bagian atas (top view), sementara pada pada bagian bawah (bottom view) Anda bisa mendapatkan port microUSB untuk koneksi data dan charging. Tombol pengatur volume disematkan pada sisi kiri body, sedangkan pada sisi kanan terdapat tombol on/off yang berperan sebagai pengunci layar. 

Beranjak ke bagian belakang (back cover), nampak lensa kamera utama, flash LED, dan lubang speaker. Selain terlihat identitas logo Acer, pada back cover juga ada identitas DTS sound, mengindikasikan bahwa phablet ini sudah dibenamkan fitur musik secara khusus. 


Display

TFT capacitive touchscreen, 16M colors

Size 720 x 1280 pixels, 5.7 inches (~258 ppi pixel density)
Vendor asal Taiwan ini menghadirkan  layar dengan teknologi TFT capatitive untuk Liquid S1. Layar ini mampu mendeteksi sentuhan sampai 10 jari. Sayangnya layar sebesar ini tidak dilapisi dengan perlindungan anti gores.

Meski terdapat tombol home, back dan recent menu/app, ketidakberadaan tombol menu membuat sistem navigasi phablet ini dirasa kurang. Terutama untuk Anda yang kerap bekerja secara multi-tasking. 

Fitur yang berbeda dari produk yang lain yaitu Live Screen, yang memungkinkan pengguna berbagi gambar dengan phablet S1 yang lain yang berada dalam jaringan WiFi yang sama. Anda juga dapat berbagi kreasi bersama dari phablet yang berbeda baik untuk keperluan kerja atau sekedar hiburan.


Camera

8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash; Video:1080p@30fps
Untuk keperluan mengabadikan gambar, Liquid S1 di bekali dengan 8 MP kamera utama dan dan 2 MP kamera depan untuk keperluan video call. Pada menu kamera utama disuguhkan mode scene, ISO  dan effect. 

Fitur-fitur seperti geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan HDR dapat Anda jumpai pada phablet ini. Untuk pengambilan gambar, Anda dapat menggunakan tombol shutter virtual maupun tombol volume.

Sedangkan untuk rekam video, Anda dapat merekam video dengan kualitas HD 1080p pada kecepatan 30 fps. Kelengkapan menu pada rekam video mencakup EIS (electronic image stabilization), mikrofon on/off, effect, dan audio mode. 

Fitur lain yang tak kalah menariknya adalah Acer Float Interface, memungkinkan pengguna dapat membuka hingga empat aplikasi sekaligus (kamera, kalkulator, note, dan peta) untuk pengalaman multitasking.


Hardware dan OS

OS:Android OS, v4.2 (Jelly Bean); Chipset:MTK 6589; CPU: Quad-core 1.5 GHz Cortex-A7;

GPU :PowerVR SGX 544MP; Sensors:Accelerometer, gyro, proximity, compass
Urusan performa phablet yang dibandrol Rp3.999.000 ini punya kinerja yang memuaskan, kemampuan multitasking phablet ini layak diacungi jempol, salah satunya lewat adopsi float interface, beberapa aplikasi dapat dijalankan dan ditampilkan sekaligus. Hal ini tentunya terkait dengan pasokan prosesor quad-core 1.5Ghz Cortex A-7 chipset Mediatek MTK 6589. Sementara kualitas layarnya disokong oleh GPU (graphic processing unit) PowerVR SGX544MP. 

Kehandalan multitasking juga dipengaruhi oleh kapasitas RAM (random access memory), dalam hal ini Liquid S1 mengusung kapasitas RAM 1GB dan memori internal 8GB. Untuk keperluan memori eksternal, Liquid S1 dapat membaca microSD hingga kapasitas 32GB. Acer Liquid S1 ditenagai baterai lithium ion dengan kapasitas 2.400 mAh. Dalam pemakaian normal, waktu siaga phablet ini bisa mencapai 20 jam. 


Kesimpulan

Kelebihan Acer Liquid S1

  • Dual SIM GSM, namun hanya SIM 1 yang support 3G sedangkan SIM 2 hanya 2G
  • Banyak fitur unggulan seperti wireless display, Float caller, Float UI, dan sudah terdapat aplikasi Polaris Office.
  • Harga kompetitif
  • Baterai berdaya besar 2400 mAh

Kekurangan Acer Liquid S1

  • Tidak dibekali port HDMI. Namun dapat melakukan koneksi HDMI dengan tambahan kabel MHL yang terhubung ke port microUSB. 
  • Layar tanpa perlindungan Gorilla Glass
  • Tidak mempunyai tombol menu


Spesifikasi diambil dari gsmarena.com

GENERAL2G NetworkGSM 850 / 900 / 1800 / 1900
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - Liquid S1 Duo (SIM 1 & SIM 2)
3G NetworkHSDPA - all versions
SIMOptional Dual SIM
Announced2013, June
StatusAvailable. Released 2013, August
BODYDimensions-
Weight195 g (6.88 oz)
DISPLAYTypeTFT capacitive touchscreen, 16M colors
Size720 x 1280 pixels, 5.7 inches (~258 ppi pixel density)
MultitouchYes
- Float UI
SOUNDAlert typesVibration, MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes, with stereo speakers
3.5mm jackYes
- DTS sound enhancement
MEMORYCard slotmicroSD, up to 32 GB
Internal8 GB, 1 GB RAM
DATAGPRSYes
EDGEYes
SpeedHSPA+
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual band, Wi-Fi hotspot
BluetoothYes, v3.0 with A2DP, EDR
USBYes, microUSB v2.0
CAMERAPrimary8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
FeaturesGeo-tagging
VideoYes, 1080p@30fps
SecondaryYes
FEATURESOSAndroid OS, v4.2 (Jelly Bean)
ChipsetMTK 6589
CPUQuad-core 1.5 GHz Cortex-A7
GPUPowerVR SGX 544MP
SensorsAccelerometer, gyro, proximity, compass
MessagingSMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
BrowserHTML
RadioTBD
GPSYes, with A-GPS support
JavaYes, via Java MIDP emulator
ColorsWhite
- SNS integration
- MP3/WAV/WMA/AAC player
- MP4/H.264/H.263 player
- Organizer
- Document viewer
- Photo viewer/editor
- Voice memo/dial
- Predictive text input