Cara Mengatasi "Insufficient Storage Available"

advertisement

Munculnya peringatan "Insufficient Storage Available" pada perangkat android adalah sangat menjengkelkan setiap kali kita mencoba menginstal aplikasi baru. Hal ini terkadang terjadi meski media penyimpanan kita secara matematis masih mampu menampung aplikasi tersebut.

Beberapa dari Anda mungkin sudah mencoba untuk mengosongkan lagi media penyimpanan dengan menghapus aplikasi atau file-file yang sebenarnya masing ingin Anda simpan untuk memberikan ruang lebih. Namun tetap saja cara tersebut tidak kunjung membuat peringatan "Insufficient Storage Available" menyingkir.


Atau bahkan dari Anda mungkin sudah mengeluarkan dana darurat untuk membeli microSD card demi terinstalnya aplikasi idaman Anda. Cara yang satu ini memang bisa jadi membuat permasalah Anda selesai, tetapi bagaimana kalau suatu saat microSD card Anda juga penuh? Ada baiknya Anda mencoba cara kami.

Pilihan 1

Cara ini menggunakan aplikasi Lucky Patcher. Hal yang perlu Anda lakukan adalah:
  • Perangkat android harus yang sudah diroot
  • Kemudian download Lucky Patcher apk
  • Lalu install Lucky Patcher dan arahkan tempat penginstalan ke microSD Anda
  • Jalankan dan pilih menu ke Proceed to Troubleshooting
  • Pilih Remove fixes and backups dan yang terakhir Anda perlu merestart perangkat android Anda
Pilihan 1 ini dapat Anda lakukan berulang-ulang setiap kali eror "Insufficient Storage Available" muncul.

Pilihan 2

Masih memerlukan perangkat android yang telah di root, cara ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan file manager. Melalui root access atau root explorer carilah aplikasi yang mengakibatkan bug yang tidak secara benar terinstal atau tidak bisa diupdate, jika Anda sudah menemukannya cobalah untuk menghapusnya. 

Lalu cobalah untuk menginstall ulang aplikasi tadi atau mengupdatenya. Cara ini seharusnya bisa menghilangkan masalah "Insufficient Storage Available".

Pilihan 3

Cara ketiga jika kedua pilihan di atas tidak juga berhasil, Anda memerlukan bantuan PC atau laptop untuk memecahkan masalah ini. 

Download android SDK jika PC atau laptop Anda belum memilikinya. Setelah proses install selesai, masuk ke command prompt dengan mengetikkan cmd pada star menu. Klik kanan pada ikon cmd dan jalankan menggunakan 'Run as administrator'. Klik 'Yes' lalu ketikkan pada command prompt 'cd C:\Program Files (x86)\Android\android-sdk\platform-tools'

Kemudian pada perangkat android Anda, pilih 'Setting' lalu masuk ke 'Development and enable the USB debugging'. Lanjutkan dengan menyambungkan perangkat android Anda ke PC atau laptop yang telah terinstall android SDK, lalu ketikkan pada command prompt 'adb shell pm getInstallLocation'

Anda akan disajikan beberapa pilihan yaitu:
  1. [0] auto, dimana sistem secara otomatis akan memilihkan lokasi yang tepat untuk Anda
  2. [1] internal, jika Anda ingin menginstall aplikasi pada memori internal
  3. [2] external, jika Anda memilih untuk menginstalnya pada memori eskternal
Jika internal memori Anda tidak cukup memadai untuk dijadikan tempat instalasi, Anda bisa memilih pilihan yang ketiga. Terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengembalikan setting 'USB debugging' dan tutup command prompt.

Pilihan 4

Jika ke tiga cara di atas tidak memberikan solusi atau dirasa kurang memenuhi kebutuhan Anda. Anda bisa mencoba Cara Mengelola Memori microSD Card yang kami tulis di artikel kami yang lain.

Demikianlah tutorial kami tentang Cara Mengatasi "Insufficient Storage Available", semoga bermanfaat untuk Anda.

Bantulah kami menjadi lebih baik dengan menuliskan saran dan kritik pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih.

Cara Mengatasi "Insufficient Storage Available" Diposkan Oleh: Ardi Santoso