Saturday, September 28, 2013

Apakah Pixel Density dan Cara Menghitung Pixel Density


Terkadang kita dibingungkan dengan istilah yang biasa tertulis dengan kata pixel density. Untuk Anda yang sudah familier dengan kata ini, mungkin juga masih mengerutkan dahi ketika ternyata besaran pixel density tidak tertulis pada spesifikasi gadget Anda.

Lalu seberapa pentingnyakah untuk Anda memperhitungkan besaran pixel density ketika mengevaluasi suatu gadget? Dan bagaimanakah cara kita mengetahui pixel density suatu gadget ketika besaran pixel density tidak tertulis pada spesifikasi? Akan lebih terasa penting ketika Anda ingin menentukan manakah dari gadget pilihan Anda yang memiliki kualitas tampilan layar yang lebih bagus. Ikuti terus artikel kami.


Pixel density adalah suatu ukuran yang biasa di sajikan dalam ppi (pixels per inch) yang berguna untuk memberikan informasi berapa jumlah pixel yang terdapat pada layar. Besaran pixel density juga dapat memberikan gambaran kepada kita tentang kualitas, kecerahan dan ketajaman dari tampilan layar. 

Yang perlu Anda tahu

Pedoman utamanya sangatlah sederhana. Jika Anda ingin membandingkan dua layar dengan resolusi yang sama tetapi dengan lebar layar yang berbeda, bisa diartikan bahwa layar dengan ukuran yang lebih kecil adalah yang memiliki pixel density terbesar. Demikian juga ketika Anda membandingkan dua layar dengan lebar layar yang sama tetapi berbeda resolusinya, maka layar dengan resolusi terbesar memiliki pixel density yang lebih besar. 

Dari pedoman sederhana ini dapat kita ketahui bahwa ada dua parameter yang harus kita ketahui terlebih dahulu untuk menghitung secara pasti besaran pixel density yaitu resolusi layar dan lebar layar. Terlebih ketika pada spesifikasi suatu gadget besaran pixel density tidak dicantumkan. Dan yang perlu digaris bawahi adalah semakin besar pixel density bisa menjadi salah satu acuan untuk memastikan kualitas layar suatu gadget lebih bagus daripada yang lain.

Cara menghitung pixel density

Sebelum menghitung pixel density, terlebih dahulu Anda harus menghitung diagonal resolution-nya dan kemudian membaginya dengan lebar diagonal layar. Perhitungan matematis-nya kami sajikan pada gambar berikut:

Perhitungan pixel density didapat dari panjang dan lebar
resolusi layar serta lebar diagonal layar

Jika Anda tidak mengetahui lebar diagonal layar, Anda dapat menghitungnya melalui perhitungan dengan menggunakan rumus pythagoras.


Contoh menghitung pixel density

Mari kita cek kebenaran pixel density dari Galaxy Note 3 N9000. Tertulis pada spesifikasi bahwa resolusi layar = 1080 x 1920 pixels dan lebar diagonal layar 5.7 inches


Apakah benar pixel density Galaxy Note 3 N9000 adalah 386 ppi? Anda dapat mengeceknya pada spesifikasi kami di Review: Keunggulan Galaxy Note 3 N9000

Demikian artikel kami mengenai Apakah Pixel Density  dan Cara Menghitung Pixel Density. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Bantulah kami menjadi lebih baik dengan menuliskan saran dan kritik pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih.